[SALAH] Batalnya Laga Persahabatan Argentina Kontra Israel Karena Messi Menolak Bertanding

Foto: BDS ARGENTINA.COM

Debunk ini berisi informasi dari cuitan twitter @AMMGMedia yang diklaim mengutip dari Tyc Sport megatakan bahwa batalnya laga persahabatan antara Argentina kontra Israel lantaran Lionel Messi yang merupakan Ambassador dari UNICEF menolak bermain melawan orang yang membunuh anak-anak tidak bersalah (Palestina). Namun hal tersebut dibantah oleh pihak Tyc Sport yag menyebut tidak ada pernyataan Messi seperti yang di tulis oleh akun twitter tersebut.

======

[KATEGORI]: DISINFORMASI

======

[SUMBER]: TWITTER

(https://twitter.com/AMMGMedia)

(https://twitter.com/Coral/status/1004284292506226688)

======

[NARASI]:

(1) Lionel Messi On Tyc Sport: “As a UNICEF ambassador, I cannot play againts people who kill innocent #palestinian children. We had to cancel the game because we are humans before footballers.” RT & follow
@AmmgSports / @AMMGMedia

#Messi #Palestine #Gaza #FreeGaza #FreePalestine

(2) The friendly between Argentina and Israel has been cancelled due to Lionel Messi refusing to go there, stating that he was ‘a human before a footballer’.

All losses incurred due to the cancellation of the game will be paid by Messi.
======

[PENJELASAN LENGKAP]:

Batalnya laga persahabatan Timnas Argentina melawan Timnas Israel yang rencananya di helat di Yerusalem menuai banyak spekulasi dan isu dari berbagai pihak.

Beberapa waktu lalu muncul cuitan twitter dari @AMMGMedia yang diklaim mengutip dari Tyc Sport megatakan bahwa batalnya laga persahabatan antara Argentina kontra Israel lantaran Lionel Messi yang merupakan Ambassador dari UNICEF menolak bermain melawan orang yang membunuh anak-anak tidak bersalah (Palestina).

Selain itu, akun @coral, yang merupakan akun terverifikasi, menjadi salah satu akun yang bertanggungjawab menyebarkan informasi bahwa seluruh kerugian karena pembatalan itu akan diganti oleh Messi. ” All losses incurred due to the cancellation of the game will be paid by Messi,” cuit akun itu.

Perlu ditekankan bahwa Argentina batal bertanding dengan Israel merupakan fakta. Namun pernyataan yang dinisbatkan kepada TycS Sports, tentang Messi yang menyatakan bahwa sebagai Duta Unicef ia tak mau bertanding dengan negara yang membunuh orang-orang tak bersalah, tidaklah akurat.

Leandro Cocolo, jurnalis TyC Sports yang disebut-sebut mewawancarai Messi, membantah hal itu.

“Dia tidak mengatakan hal itu!” kata Leandro kepada Tirto.

Ia bahkan menyebut tidak ada pernyataan apapun dari Messi setelah keputusan pembatalan pertandingan. Untuk menegaskan kembali, Tirto lantas memberi link ciutan twitter @AMMGMedia. Juga bertanya apakah Messi berbicara soal itu kepada TyC.

Sekali lagi, Leandro menyatakan dengan tegas: “Tidak benar Messi berkata demikian. Dia tidak berbicara dengan kami [TyC Sports].”

Penelusuran atas seluruh akun media sosial milik Messi di Instagram atau Facebook juga tidak menemukan pernyataan apa pun dari kapten timnas Argentina itu terkait laga Israel vs Argentina.

Dengan demikian, kabar yang menyatakan bahwa Messi terlibat aktif membatalkan laga Israel vs Argentina, maupun informasi bahwa dia akan mengganti kerugian akibat pembatalan itu, masuk ke dalam informasi yang salah (false).

======

REFERENSI:

https://tirto.id/hoax-soal-lionel-messi-dan-pembatalan-laga-israel-vs-argentina-cLXJ

https://www.tycsports.com/nota/seleccion-argentina/2018/06/06/radiografia-de-la-cancelacion-de-israel-argentina.html