[BENAR] Klarifikasi Badan Kepegawaian Negara Terkait Tersebarnya Surat Pengangkatan CPNS Palembang

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan klarifikasi atas beredarnya surat yang diklaim sebagai pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Palembang. Dilansir dari bkn.go.id dan liputan6.com, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyampaikan, ada surat kepala BKN atas pengangkatan CPNS secara ilegal atau palsu. “Surat keputusan tersebut palsu dan secara ilegal telah mencatut nama BKN sebagai institusi pelaksana penyelenggaraan seleksi CPNS nasional,” kata  Ridwan.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengklarifikasi atas beredarnya surat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Palembang. Dilansir dari bkn.go.id dan liputan6.com, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyampaikan, surat dengan nomor 5003-BKN-SK-V-2018 Mei 2018 merupakan surat ilegal atau palsu.

 

Bila melihat isi surat tersebut, memang cukup meyakinkan. Apalagi, surat tersebut secara spesifik mencatumkan Kantor Regional VII BKN Palembang. Selain itu, hal yang makin meyakinkannya ialah adanya lampiran peserta yang akan diangkat menjadi CPNS.

 

“Surat keputusan tersebut palsu dan secara ilegal telah mencatut nama BKN sebagai institusi pelaksana penyelenggaraan seleksi CPNS nasional,” kata Ridwan.

 

Oleh sebab itu, Ridwan mengingatkan kepada masyarakat untuk mengecek kebenaran sebelumnya untuk mencegah penipuan semacam itu. “BKN melalui pemberitaan secara resmi via laman www.bkn.go.id maupun melalui media sosial BKN yang juga sudah bertanda official akan membantu masyarakat terhindar dari aksi kriminal ini,” ujarnya.

 

Selain itu, Ridwan menegaskan, jika dijanjikan untuk diangkat menjadi CPNS tanpa seleksi resmi dari pemerintah, dipastikan itu tindakan penipuan. “Baik seleksi penerimaan sampai pengangkatan CPNS hanya bisa dilakukan secara resmi dan terbuka oleh pemerintah,” pungkasnya.

 

=====

 

Referensi:

 

http://www.bkn.go.id/berita/pengangkatan-cpns-ilegal-atasnamakan-bkn-kembali-ditemukan

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3552195/waspada-surat-palsu-pengangkatan-cpns-kembali-beredar

http://daulat.co/hoaks-surat-pengangkatan-cpns-yang-diterbitkan-kepala-bkn/