[SALAH] Sebuah Akun Facebook Minta Donasi Untuk Anak Penderita Kanker Tulang

Debunk ini berisi Informasi palsu yang menjurus pada penipuan. Pasalanya sebuah akun facebook bernama Leni Umairah mengunggah sebuah postingan dimana ia meminta donasi bagi anak kakaknya yang sedang menderita penyakit kanker tulang. Namun setelah ditelusuri oleh warganet, ternyata foto dan video seorang anak pengidap kanker tulang tersebut telah meninggal dunia pada 2016 lalu. anak itu bernama Kadek Kartika Yasa yang berasal dari bali. Berdasarkan komentar di postingan tersebut, tak sedikit yang menyebut hal itu adalah penipuan untuk kepentingan pribadi.

======

[KATEGORI]: HOAKS

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[NARASI]:

(1) “Bpk presiden RI tolong anak kakak saya, mengidap kanker tulang. Tak punya biaya untuk operasi, yang setiap hari menahan sakit dan menangis… sebelumnya kami sudah menghabiskan banyak biaya untuk berobat kesana kemari, tak kunjung da hasil, dokter katakan harus ambil tindakan bedah pada paha kanan nya…TOLONG lah kami orang susah ini pakk
karena kami orang susah pihak rumah sakit seperti tidak mau melayani kami. Tolong pak tolong kami.. kasihan pak.. kadang malam pahanya seperti di gerogoti didalam, sampai menggigil menahan sakit pak..

(2) “ Assalamualaikum teman2 bagi yg ingin menyisihkan sdkit rejeki bisa langsung memlaui rekening suami kakak saya A/n Eddyanto
No rek : 8325065814
bank BCA
terimakasi blm nya berapapun nilainya tidak jadi mslah. Asal iklash.

======

[PENJELASAN LENGKAP]:

Belum lama ini, sebuah akun facebook yang bernama Leni Umairah mengunggah sebuah foto dan video seorang anak laki-laki yang diakuinya sebagai keponakannya terbaring lemah karena mengidap penyakit kanker tulang.

Tak hanya disitu, pada kolom komentar Leni menyertakan nomor rekening untuk warganet yang bersedia menyisihkan sumbangan.

Namun, kemudian fakta terungkap bahwa pemuda dalam video itu sudah meninggal pada 2016. Korban ternyata bernama Kadek Kartika Yasa asal Bali dan telah mengembuskan napas terakhirnya pada 2016 saat berusia 13 tahun.

Banyak warganet yang membongkarnya, termasuk seorang relawan dari Bali, tempat asal korban. Akun Nick Ast menyatakan penggalangan dana yang memakai video korban adalah palsu.

Dalam unggahannya, Andy Karyasa Wayan juga menyebut hal itu sebagai kejahatan yang mengatasnamakan kemanusiaan, Selasa (5/6/2018).

Unggahan Putu Deasy Krisna Dewi pada November 2016 pun menyatakan bahwa korban telah meninggal.

Deasy bahkan telah mengunjungi rumah korban dan mengetahui bahwa ibu korban membesarkan kedua putranya tanpa suami.

Warganet lantas minta pihak berwajib mengusut kasus ini, terlebih kini akun Leni Umairah telah lenyap.

======

REFERENSI:

http://video.tribunnews.com/view/54085/unggah-video-pemuda-sakit-kanker-tulang-minta-donasi-ternyata-korban-sudah-meninggal-2-tahun-lalu?_ga=2.29389495.925885168.1528095282-1081172615.1519212273

http://www.tribunnews.com/regional/2018/06/06/unggah-video-pemuda-sakit-kanker-tulang-minta-donasi-ternyata-korban-sudah-meninggal-2-tahun-lalu