[SALAH] “Terkuak ***** PKS ini sering dibelai”

Menambahkan “Sumber : Orang Kepercayaan” tanpa menyertakan sumber informasi yang kredibel tidak menjadikan informasi tersebut valid, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Hoaks.

======

SUMBER

http://bit.ly/2Llxsgk, cuitan oleh akun Twitter “Kakek Detektif” (@KakekDetektif). Sudah dicuit ulang 360 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Terkuak ***** PKS ini sering dibelai tubuhnya oleh beberapa petinggi kader PKS seperti yang paling sering mas @MardaniAliSera di salah satu hotel dijakarta. Sumber : Orang Kepercayaan @MardaniAliSera #*****PKSMardani”.

======

PENJELASAN

http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”

======

REFERENSI

http://bit.ly/2H4PMJM, tentang “Appeal to Authority”: “Dalam kerja jurnalistik pernyataan narasumber lazimnya diverifikasi terlebih dahulu dan diberi penjelasan dalam kapasitas apa narasumber memberikan pernyataannya. Pernyataan tersebut mestinya diuji dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, apa bukti dari pernyataan tersebut? Dalam konteks bagaimana narasumber bisa mendapat informasi tersebut? Serta, apa kemungkinan bias motif politik narasumber dalam menyampaikan pernyataan tersebut?”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/653209618344910/