[SALAH] 50 Km Wilayah Indonesia Diambil Malaysia

Perbatasan antar negara itu ada patoknya, setiap hari dicek oleh saudara airmin @tni_ad yg berjaga di puluhan pos2 perbatasan. Disamping itu TNI AU juga memiliki pswt yg bertugas melakukan patroli & surveillance guna mengamankan perbatasan negara shg tdk mgkn ada pencaplokan,” tulis akun resmi TNI AU, @_TNIAU.

======

Kategori : KLARIFIKASI

 

======

 

Sumber : Media Sosial Twitter

 

Narasi :

 

Semalam ketemu temen lama yang tinggal di kalimantan, menurut infonya bahwa Malaysia sudah mencaplok 50 km wilayah Indonesia, karena daerah perbatasan tak diperhatikan kemakmurannya.

Lah katanya kerja, trus kerja apa ?

Tolong bantuan tuips mengklarifikasi kebenaran info ini.”

 

======

Penjelasan :

 

Seorang warganet berkicau di akun twitter pribadinya yang berisi keadaan perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

 

Pada kicauannya, dia menanyakan kebenaran kabar soal wilayah Indonesia diambil atau dicaplok Malaysia hingga 50 kilometer, yang dia dapat kabar tersebut dari kawannya yang tinggal di Kalimantan.

 

“Semalam bertemu teman lawas yang tinggal di kalimantan, berdasarkan infonya bahwa Malaysia telah mencaplok 50 km wilayah Indonesia, sebab daerah perbatasan tidak diperhatikan kemakmurannya.

 

Lah ujarnya kerja, terus kerja apa ?

 

Tolong bantuan tuips mengklarifikasi kebenaran informasi ini,” begitu tulisnya.

 

Kicauan itupun akhirnya banyak diretweet bahkan discreenshot kemudian dibagikan ulang.

 

Sontak, warganet dihebohkan oleh kicauan itu.

 

Menanggapi hebohnya kicauan tersebut, TNI Angkatan Udara (AU) memastikan daerah perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia aman dari pencaplokan wilayah.

Hal itu disampaikan melalui akun Twitter resmi TNI AU, @_TNIAU, yang diunggah pada Selasa (29/5/2018).

“Perbatasan antar negara itu ada patoknya, setiap hari dicek oleh saudara airmin @tni_ad yg berjaga di puluhan pos2 perbatasan. Disamping itu TNI AU juga memiliki pswt yg bertugas melakukan patroli & surveillance guna mengamankan perbatasan negara shg tdk mgkn ada pencaplokan,” jawab Admin @_TNIAU.

 

Fact Checker : Levy Nasution

 

Referensi :

 

https://twitter.com/_TNIAU/status/1001247485753360384?ref_src=twsrc%5Etfw&ref_url=https%3A%2F%2Ftwitter.com%2F_TNIAU%2Fstatus%2F1001247485753360384

 

http://wow.tribunnews.com/2018/05/29/tanggapi-isu-50-km-wilayah-indonesia-dicaplok-malaysia-tni-au-setiap-hari-patok-perbatasan-dicek?page=all

 

 

About Levy Nasution 316 Articles
Journalist, traveller