[BENAR] TIDAK ADA PENYERANGAN RUMAH IBADAH DI DESA PAUH RANAP RIAU

 

Kabar yang menyebutkan soal penyerangan sebuah rumah ibadah di Desa Pauh Ranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau dibantah oleh Kepolisian setempat.

Kapolres Indragiri Hulu, AKBP Dasmin Ginting : “Sudah kita klarifikasi langsung ke para pihak tidak ada terjadi seperti diberita tersebut, anggota saya sudah datang langsung,”.

===

KATEGORI : KLARIFIKASI

===

SUMBER : MEDIA DARING

===

PENJELASAN : Beredar informasi yang menyebut bahwa telah terjadi penyerangan sebuah rumah ibadah di kawasan Desa Pauhranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Selang beberapa saat isu tersebut menyebar ke masyarakat luas, Kepolisian setempat pun akhirnya melakukan klarifikasi dan menyatakan bahwa tidak ada penyerangan seperti halnya kabar yang beredar tersebut.

Kapolres Inhu, AKBP Dasmin Ginting serta Dandim 0302 Inhu, Letkol Arh Hendra Roza melalui Pasi Intel Kodim 0302 Inhu, Kapten Inf Yunasri membantah informasi tersebut. Berdasarkan press release yang diterima awak media, Yunasri menyampaikan kebenaran dari informasi tersebut.

Berdasarkan kronologis, pada hari Kamis (24/5/2018) pukul 14.00 WIB, bertempat di Dusun Sungai Ubu Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap Kabupaten Inhu, kelompok masyarakat dan ormas Kecamatan Peranap yang berjumlah sekitar 15 orang menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 3 Unit mendatangi Masjid Al-Iklas yang berada di Dusun Sei Ubo Kecamatan Peranap. Kedatangan mereka terkait permasalahan dengan warga bernama Heri Surbakti.

Setelah selesai melakukan klarifikasi dengan yang bersangkutan, kelompok masyarakat serta ormas tersebut pulang. Awal mula mereka tidak mempunyai rencana untuk singgah dirumah ibadah yang berada di Sei Ubo Desa Pauh Ranap. Namun kemudian mereka singgah dan sedikit bertanya kepada pekerja setempat mengenai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dan mengatakan jika belum ada IMB, agar tidak melanjutkan pembangunan.

Terkait itu, kelompok masyarakat dan ormas sebenarnya hanya mempertanyakan soal IMB pembangunan salah satu rumah ibadah, dan mereka langsung pulang, dan tidak ada keributan yang terjadi. Salah satu pimpinan rumah ibadah, dalam release laporan Pasi Intel Kodim Inhu juga sudah diklarifikasi.

===

REFERENSI :

http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/05/30/beredar-kabar-penyerangan-rumah-ibadahpasi-intel-kodim-0302-inhu-pastikan-hoax?page=2

http://bermadah.co.id/berita/detail/kodim-inhu–tidak-benar-ada-penyerbuan-rumah-ibadah-berikut-kronologisnya