[SALAH] Gempa akan Terjadi di Malang Selatan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika (Satgeo) Karangkates membantah BMKG telah mengeluarkan peringatan gempa tersebut. “Peringatan akan terjadinya gempa tersebut tidak benar dan dipastikan hoax. Masyarakat jangan mudah percaya begitu saja,” ujar Kepala BMKG Satgeo Karangkates, Musripan.

=======

 

Kategori : HOAKS

 

=======

 

Sumber : Pesan Berantai Whatsapp

 

Narasi :

 

Informasi buat warga Malang Selatan diharapkan keluar rumah pukul 22.30-23.59 nanti malam. Dikarenakan BMKG sudah mengeluarkan rilis akan terjadinya gempa akibat imbas dari gempa Banjarnegara. Hanya meneruskan pesan demi keselamatan bersama

 

=======

 

Penjelasan :

 

Beredar kabar melalui pesan berantai melalui pesan aplikasi WhatssApp akan terjadi gempa bumi di wilayah pesisir Malang Selatan.

 

Kabar tersebut merupakan dampak dari gempa yang terjadi di Banjarnegara, Jawa Tengah, yang berimbas sampai wilayah pesisir Malang Selatan.

 

Pesan berantai itu membuat warga daerah pesisir Malang Selatan menjadi resah.

Isi pesan yang tersebar di grup WhatssApp itu bertuliskan “Informasi buat warga Malang Selatan diharapkan keluar rumah pukul 22.30-23.59 nanti malam. Dikarenakan BMKG sudah mengeluarkan rilis akan terjadinya gempa akibat imbas dari gempa Banjarnegara. Hanya meneruskan pesan demi keselamatan bersama,” tulis pesan itu.

 

Dilansir dari malang-post.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika (Satgeo) Karangkates membantah BMKG telah mengeluarkan peringatan gempa tersebut. “Peringatan akan terjadinya gempa tersebut tidak benar dan dipastikan hoax. Masyarakat jangan mudah percaya begitu saja,” ujar Kepala BMKG Satgeo Karangkates, Musripan.

 

Dia menjelaskan, setiap BMKG mengeluarkan rilis atau peringatan dini, maka akan disampaikan melalui situs resmi maupun akun media sosial yang resmi. “Selain itu, terjadinya gempa tidak bisa diprediksi secara pasti waktunya,” imbuhnya.

Maka dari itu, dia mengimbau kepada masyarakat khususnya di Malang Selatan untuk tidak panik. Meski demikian, masyarakat tetap diimbau waspada terkait terjadinya tanda-tanda alam di sekitar lingkungan mereka.

“Gempa bisa terjadi sewaktu-waktu. Namun, masyarakat tidak perlu resah dan tetap waspada. Yang paling penting lagi, jangan mudah percaya terhadap pesan yang belum tentu kebenarannya dan bukan berasal dari kami,” pungkasnya.

 

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

https://www.malang-post.com/ragam/fakta/hoax-akan-terjadi-gempa-di-malsel

About Levy Nasution 298 Articles
Journalist, traveller