[SALAH] Video Lumpur di Bekasi Mirip Dengan Kasus Lumpur Lapindo

Pihak Kepolisian angkat bicara terkati viralnya video semburan lumpur yang disama-samakan dengan lumpur Lapindo di Kali Abang, Kota Bekasi. Dilansir dari detik.com dan viva.co.id, Kapolres Bekasi Kota Kombes Indarto, mengatakan semburan lumpur tersebut berasal dari galian yang dilakukan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN). Saat melakukan pengecekkan ke lokasi, Indarto mengatakan, semburan lumpur tersebut sudah tidak ada lagi dan peristiwa semburan tersebut terjadi seminggu yang lalu. “Satu hari sudah beres dan normal kembali,” ujarnya.

=====

Kategori: Misinformasi

=====

Sumber: Media Sosial dan Media Pesan Whatsapp

https://www.instagram.com/p/Bh1hbZtgB7K/…
https://www.facebook.com/armelya.y.alizhar/videos/141950709987404/
https://www.facebook.com/RamalanKisahAhirJaman/videos/2089404757963054/

=====

Narasi:

Narasi 1:

Kaget banget dikirimin video dr temen. Ini asli kejadian di Bekasi hari ini, ada semburan lumpur.. duuh moga2 g ky lumpur lapindo yaa 🙈🙈. Kebetulan lokasinya deket dg perusahaan minyak sawit Bakrie. Semoga cpt berhenti deh semburannya 😥

Narasi 2:

Telah kejadian lumpur panas, di Bekasi 🙏😥😕 Astagfirullah hal adziim 33 x

Narasi3:

Kejadian Aneh Terjadi di daerah Bekasi Ada Semburan Tanah Lumpur Coklat mirip semburan Lapindo

=====

Penjelasan Lengkap:

Sempat viral video yang memperlihatkan semburan lumpur di Kali Abang, Kota Bekasi. Beragam komentar warganet yang memposting video tersebut. Ada yang kebingungan kenapa bisa terjadi semburan lumpur dan ada yang menyamakan peristiwa tersebut dengan kasus Lumpur Lapindo di Sidoarjo.

Pihak Kepolisian setempat pun angkat bicara. Dilansir dari detik.com dan viva.co.id, Kapolres Bekasi Kota Kombes Indarto, mengatakan semburan lumpur tersebut berasal dari galian yang dilakukan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Hal itu diketahui, Indarto mengatakan, saat melakukan pengecekkan di lokasi. Dari hasil pengecekkan tersebut, Indarto menjelaskan, semburan lumpur sudah tidak ada dan peristiwa tersebut ternyata sudah terjadi seminggu yang lalu.

“Satu hari sudah beres dan normal kembali,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kasi Humas Polsek Medansatria, Aiptu Eko Siswantoro. Eko mengatakan, semburan lumpur tersebut disebabkan oleh bor galian PLN. Ketika mesin tengah bekerja, lumpur menyembur ke atas selama sekitar 10 menit.

“Itu lumpur yang keluar akibat galian PLN. Ketika bor bekerja, lumpur keluar lewat pori-pori tanah yang labil,” jelas Eko.

Lebih lanjut, Eko mengatakan, luapan lumpur tersebut sudah ditanggulangi dan galian PLN sebentar lagi akan selesai. “Sekarang sudah mampet, sementara pekerjaan dari PLN tidak lama lagi akan selesai,” pungkasnya.

=====

Referensi:

https://news.detik.com/…/video-viral-isu-lumpur-sidoarjo-di…
https://www.viva.co.id/…/1029558-viral-video-semburan-lumpu…
https://www.merdeka.com/…/viral-lumpur-di-bekasi-ternyata-b…