[SALAH] Video Jokowi Bagi-Bagi Uang Yang Dipelintir Informasinya

Dari penelusuran yang dilakukan Jawa Pos, video itu sebenarnya sudah lama. Sejak 2016 sudah beredar di media sosial. Dua tahun lalu, akun Facebook Rika Nayla Biauliang (Fb.com/100010823199214) sudah menyebarkan video yang sama. Tapi, unggahan Rika Nayla Biauliang tak disertai kalimat-kalimat bernada hasutan. Dia hanya menulis, “Pak Jokowi bagi2 rezeki”.

=======

 

Kategori : DISINFORMASI

 

=======

 

Sumber : Media Sosial Facebook

 

Narasi :

 

Perhatikan baik2 kayak cacing kepanasan. Berbagai cara yg mau di lakuka jokowi dan relawan2nya mulai dari fb yg mau di blokir. Dan Memasukkan warga asing dr tiongkok Dan bagi2 uwang dan makanan di pinggir jalan saking takut nya tumbang dari kkedu2kan nya apa kayak gini Yg dinamakan jantel man

 

=======

 

Penjelasan :

 

Aksi blusukan Jokowi yang membagikan uang saat berkunjung ke daerah beberapa tahun lalu dimanfaatkan oleh pihak tertentu, untuk menyebarkan ujaran kebencian.

 

Dilansir dari Jawa Pos, akun Facebook Kan Kosampih (fb.com/kankosampih.kosampih) menyebarkan video tentang Jokowi yang bagi-bagi uang.

Kan Kosampih tidak menjelaskan dimana dan kapan pembagian uang tersebut terjadi. Dia hanya menuliskan kalimat yang bernada hasutan.

 

Perhatikan baik2 kayak cacing kepanasan. Berbagai cara yg mau di lakuka jokowi dan relawan2nya mulai dari fb yg mau di blokir. Dan Memasukkan warga asing dr tiongkok Dan bagi2 uwang dan makanan di pinggir jalan saking takut nya tumbang dari kkedu2kan nya apa kayak gini Yg dinamakan jantel man.”

 

Tidak hanya Kan Kosampih, akun Facebook Al Fatih Mujahid (fb.com/spirit.duasatudua) juga memberikan menyebarkan video tersebut dengan narasi yang sama di grup Facebook Suara Mayoritas.

 

Dari penelusuran yang dilakukan Jawa Pos, video itu sebenarnya sudah lama. Sejak 2016 sudah beredar di media sosial.

 

Dua tahun lalu, akun Facebook Rika Nayla Biauliang (Fb.com/100010823199214) sudah menyebarkan video yang sama.

 

Tapi, unggahan Rika Nayla Biauliang tak disertai kalimat-kalimat bernada hasutan. Dia hanya menulis, “Pak Jokowi bagi2 rezeki”.

 

 

Dalam video itu, Jokowi tampak membagi-bagikan amplop dari dalam mobil yang sedang berjalan pelan.

 

Kebanyakan dari mereka yang mendapatkan amplop itu tukang becak. Ada yang sempat membuka amplop dari Jokowi tersebut.

 

Isinya uang Rp 25 ribu. Jadi, lebih waspada dengan konten-konten di media sosial menjelang datangnya tahun politik ini.

 

Fact Checker : Levy Nasution

 

Referensi :

 

https://www.jpnn.com/news/video-jokowi-bagi-bagi-duit-2016-dipelintir?page=1

 

https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20180423/281573766296915

 

About Levy Nasution 385 Articles
Journalist, traveller