(SALAH): Jembatan Widang Babat di Tuban yang Menjadi Program Infrastruktur Jokowi Ambruk

Foto: Detik.com

Debunk ini berisi Disinformasi yang cenderung hasut mengenai informasi ambruknya jembatan widang babat di Tuban Jawa timur. Dalam postingan akun facebook Dilan Anu yang menyertakan gambar jembatan tersebut ambruk disertai narasi hasutan yang menyebut bahwa jembatan widang babat adalalah proyek infrastruktur jokowi yang kejar tayang untuk kepentingan Pilpres 2019 mendatang. Nyatanya, jembatan itu sudah dibangun sejak tahun 1970. jembatan tersebut dibangun saat masa orde baru dalam program Pelita (pembangunan 5 tahun). Saat itu pemerintah mengimpor langsung bahan jembatan itu dari Inggris.

======

(KATEGORI): DISINFORMASI

======

(SUMBER): FACEBOOK

======

(NARASI):

INIKAH INFRASTRUKTUR YG KEJAR TAYANG BUAT 2019 JEMBATAN WEDANG TUBAN JATIM AMBRUK HARI INI..MASIH YAKIN 2019 DI PILIH

======

(FAKTA & PENJELASAN):

Belum lama ini beredar postingan di akun facebook atas nama Dilan Anu yang memposting kiriman gambar jembatan widang babat ambruk yang disertai narasi mengenai pembangunan infrastruktur kejar tayang untuk pilpres 2019 yang dilakukan oleh Jokowi.

Dilansir dari detik.com Jembatan Cincin Lama yang ambrol sudah dibangun sejak tahun 1970-an. Namun jembatan yang menghubungkan ruas Tuban-Widang ini diyakini masih bisa dioperasikan hingga puluhan tahun lagi.

Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Zarkasi mengatakan jembatan tersebut dibangun saat masa orde baru dalam program Pelita (pembangunan 5 tahun). Saat itu pemerintah mengimpor langsung bahan jembatan itu dari Inggris.

“Jembatan ini dimpor dari UK (United Kingdom) tahun ’70-an, selesai sebelum ’80-an,” tuturnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Hal ini berarti umur dari jembatan tersebut kini sudah sekitar 40 tahunan. Iwan mengatakan, biasanya jembatan jenis tersebut memiliki batas umur pelayanan sekitar 50 tahun, namun bisa lebih lama lagi jika dirawat dengan baik.

“Secara teoritis 50 tahun tapi bukan berarti 50 tahun mati. Istilahnya angka harapan hidup orang Indonesia 70 tahun bukan berarti lebih dari itu mati. Jadi dengan cara dirawat bisa lebi dari 100 tahun kalau pemeliharaannya bagus,” imbuhnya.

Iwan mencatat, saat ini ada sekitar 40 jembatan di pulau Jawa yang memiliki tipe dan umur yang sama dengan Jembatan Cincin Lama.

“Di luar Jawa juga ada, tapi paling banyak di Jawa,” tambahnya.

 

KESIMPULAN:

Jembatan Babat Wedang di Tuban Jawa Timur yang ambruk pada selasa lalu merupakan jembatan yang sudah dibangun sejak tahun 1970 yang masuk kedalam program PELITA (pembangunan 5 tahun() pada masa orde baru. Maka dari itu, informasi yang dibagikan oleh akun facebook Dilan Anu masuk kedalam kategori Disinformasi.

Namun disisi lain, pemerintah saat ini juga tidak boleh lalai dalam hal perawatan dan peremajaan bangunan-bangunan lama semacam itu, agar hal seperti ambruknya jembatan babat Wedang tidak terulang kembali dan menelan korban.

======

(REFERENSI):

https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3976364/jembatan-babat-yang-ambrol-bisa-awet-sampai-100-tahun

http://www.tribunnews.com/regional/2018/04/17/kontrak-pemeliharaan-baru-diteken-jembatan-babat-lamongan-ambruk