[SALAH] “Artificial Clouds Generation System” | [FALSE] “Artificial Clouds Generation System”

Video tersebut adalah video lelucon April Mop, direspon dengan keliru oleh banyak orang yang menganggapnya sebagai sesuatu yang serius.

The video was meant to be shared as April Fool, falsely responded by many people who took it as something serious.

======

KATEGORI | CATEGORY
Misinformasi | Misinformation

======

SUMBER | SOURCE

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH | Question from one of the forum member.
(2) http://bit.ly/2IL1etB, sudah dibagikan 386.950 kali per tangkapan layar dibuat | already shared 386.950 times per screenshot was taken.

======

NARASI | NARRATION
“Artificial Clouds Generation System”

======

PENJELASAN | EXPLANATION

“Jadi mengapa video ini beredar sekarang? Yah, itu dibagikan pada tanggal 1 April, jadi mungkin itu semua lelucon April Mop rumit yang orang-orang sekarang anggap serius. Namun, video itu juga berisi tanda air di sudut kanan atas yang bertuliskan “instagram@2018flatearth.com.” Itu tampak … mencurigakan.”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

“So why is this video circulating now? Well, it was shared on April 1st, so perhaps it was all an elaborate April Fools’ joke that people are just now taking seriously. However, the video also contains a watermark in the top right-hand corner that reads “instagram@2018flatearth.com.” That seems… suspicious.”, go to http://bit.ly/2IFfTGT for more.

======

REFERENSI | REFERENCE

“Tidak, NASA tidak memiliki mesin pembentuk awan – ia memiliki mesin roket

Bagaimana roket membuat hujan
Oleh | Loren Gush | @lorengush | 10 Apr 2018, 3:34 sore EDT

(foto)
Tes mesin RS-25 di Stennis Space Center.
Gambar: NASA

Saat menggulirkan umpan Facebook saya pagi ini, saya menemukan sebuah video yang dibagikan oleh teman sekelas SMA lama yang menunjukkan mesin NASA raksasa yang seharusnya menghasilkan awan buatan. Fitur video mantan pembawa Top Gear Jeremy Clarkson berbicara di depan ruang logam besar yang memuntahkan bulu putih berbulu. Video, berjudul “Sistem Generasi Awan Buatan,” membuatnya tampak seperti mesin sedang mengaduk awan – tetapi mesin roket yang menghasilkan gelombang tidak disebutkan.

Mantan teman sekelasku juga bukan satu-satunya yang menonton video ini. Sudah dibagikan lebih dari 350.000 kali dan mengumpulkan lebih dari 71.000 suka. Plus, itu bukan satu-satunya video yang menggunakan Jeremy Clarkson untuk mengklaim bahwa NASA memompa keluar awan. Pencarian cepat Google tentang “uji mesin NASA Top Gear” menghadirkan sejumlah besar video yang mengklaim NASA telah memecahkan cara memodifikasi cuaca. Tetapi NASA tidak.

Video ini sebenarnya adalah klip yang diedit dari dua tes mesin roket yang berbeda di NASA Stennis Space Center di Mississippi. Beberapa detik pertama menunjukkan uji coba dari RS-25, sebuah mesin yang digunakan pada Space Shuttle dan akan digunakan untuk menyalakan roket besar NASA, Space Launch System. Bagian terakhir klip ini berasal dari serial televisi BBC 2001 yang berjudul “Speed,” yang diselenggarakan oleh Clarkson. Dalam rekaman itu, Clarkson menghadiri uji coba pembakaran RS-68, menurut NASA (meskipun video YouTube dari Top Gear secara salah menyatakan bahwa dia sedang melakukan tes pendorong roket yang solid). Ini adalah mesin yang digunakan dalam keluarga roket Delta IV yang dibuat oleh United Launch Alliance. Namun, mesinnya tidak bisa dilihat dalam video; mereka disembunyikan oleh tribun tes.

(video)

Klip yang beredar di Facebook dengan mudah meninggalkan bagian dari video BBC di mana Clarkson menjelaskan bahwa dia berada di tes mesin. Sebaliknya, ia hanya berfokus pada bagian di mana ia berbicara tentang awan yang dihasilkan dalam prosesnya. (Awan ini benar-benar, benar-benar panas.)

Mesin roket yang diuji dalam video berjalan pada oksigen cair dan propelan hidrogen cair. Ketika kedua bahan ini bergabung dan terbakar di mesin, mereka membuat awan uap besar yang melebihi 6.000 derajat Fahrenheit. Selama peluncuran, pengamat dapat melihat buangan buangan ini tertinggal di belakang roket saat naik ke langit. Tapi ketika mesin roket diuji di tanah di Stennis, tempat uji membuat gumpalan memantul ke tanah.

Hal yang benar-benar rapi tentang uap yang dihasilkan oleh jenis tes mesin ini adalah dapat menciptakan hujan di dekatnya, yang dialami oleh Clarkson dalam video. Uap naik setelah tes dan mendingin di udara. Kemudian kembali menjadi air dan hujan turun di setiap pengamat sekitarnya. Itu bukan titik uji berdiri, meskipun – sesuatu yang video palsu elides. Sebaliknya, hujan itu hanya merupakan efek samping yang menyenangkan dari uji mesin. Dan karena awan hanyalah air, maka gumpalan tidak mencemari atmosfer.

Jadi mengapa video ini beredar sekarang? Yah, itu dibagikan pada tanggal 1 April, jadi mungkin itu semua lelucon April Mop rumit yang orang-orang sekarang anggap serius. Namun, video itu juga berisi tanda air di sudut kanan atas yang bertuliskan “instagram@2018flatearth.com.” Itu tampak … mencurigakan.

Jadi, jika Anda melihat ini muncul di News Feed Anda, ketahuilah bahwa NASA tidak memiliki mesin yang didedikasikan untuk menghasilkan awan. Tapi secara teknis tes mesin roket kadang-kadang bisa membuatnya hujan.”

Google Translate, http://bit.ly/2v3PLUf (dengan penyesuaian seperlunya). Tautan ke laman dengan bahasa asli (English): http://bit.ly/2IFfTGT | Go to http://bit.ly/2IFfTGT for page with original language (English).

======

CATATAN | NOTE

Dipublikasikan juga dalam Bahasa Inggris karena SUMBER berasal dari luar Indonesia | Also published in English because SOURCE is originated from outside of Indonesia.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/626494574349748/