[BENAR] “Akses Angkot di Palembang Saat Asean Games Tidak Ditutup”

Kepala Dinas Perhubungan kota Palembang, Kurniawan membantah informasi yang mengatakan adanya penutupan akses tranportasi angkutan umum selama pelaksanaan Asean Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Menurutnya yang tidak diperbolehkan adalah Bus Kota, karena karena sudah cukup banyak yang tidak layak beroperasi.

=====

KATEGORI: Klarifikasi

=====

SUMBER: Media Daring

=====

NARASI:
“Itu hoax, malahan kita saat Asian Games membutuhkan angkutan umum. Yang tidak boleh itu adalah Bus Kota, mereka tidak di perbolehkan karena rata-rata kendaraan Bus Kota itu sudah banyak yang tidak layak lagi beroprasi dan sudah buruk,” ujar Kepala Dinas Perhubungan kota Palembang, Kurniawan, Senin (9/4).

=====

PENJELASAN:
Klarifikasi yang diberikan Kepala Dinas Perhubungan kota Palembang, Kurniawan adalah untuk membantah informasi yang mengatakan adanya penutupan akses transportasi masa jenis angkot saat Asean Games dilaksanakan.

“Itu hoax, malahan kita saat Asian Games membutuhkan angkutan umum. Yang tidak boleh itu adalah Bus Kota, mereka tidak di perbolehkan karena rata-rata kendaraan Bus Kota itu sudah banyak yang tidak layak lagi beroprasi dan sudah buruk,” kata Kurniawan.

Sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Palembang, Amiruddin Sandi menegaskan semua bus tua akan mulai berhenti beroperasi tepat pada bulan Agustus atau sebelum Asian Games. Berhentinya operasional bus tua setelah Pemkot dan pihak-pihak terkait menyepakati untuk tak memperpanjang izin operasional.

“Kami dari jauh hari sudah sepakat untuk bus tua – tua tak akan beroperasi lagi saat Asian Games. Salah satunya dengan tak memperpanjang izin operasional,” kata Amiruddin saat ditmui di kantornya Jalan Merdeka Kota Palembang, Kamis (22/3/2018).

Menurut Amir, salah satu yang menjadi pertimbangannya adalah keberadaan angkutan massal Trans Musi dan LRT. Dengan kedua transportasi massal itu, masyarakat akan diberikan pelayanan yang maksimal dan kenyamanan saat menggunakan angkutan umum.

Selain itu, ada pula persoalan kemacetan yang menjadi tugas Pemkot jika terlalu banyak bus mangkal di ersimpangan dan tempat keramaian. Untuk itu, sebelum pelaksanaan Asian Games semua bus tua akan berhenti beroperasi selamanya.

“Bersamaan dengan Asian Games itulah operasional bus tua di kota Palembang akan berakhir. Kalau catatan yang kami dapat dari Dinas Perhubungan, hanya sekitar 50-an bus saja yang beroperasi saat ini dan hanya tujuh bus yang izin beroperasi sampai awal Agustus,” kata Amir.

“Untuk jalur yang selama ini tidak dilalui Trans Musi, ke depan ada penambahan jalur. Tentu dengan fasilitas yang lebih baik dan mengutamakan keselamatan penumpang,” kata Amir lagi.

REFERENSI:
1. http://www.detiksumsel.com/bantah-penutupan-akses-angkot-sa…
2. https://news.detik.com/…/jelang-asian-games-bus-tua-di-pale…

Fact Cheker: Dedy Helsyanto