[SALAH] Info Pemutihan Surat Izin Mengemudi Pada 2-7 April 2018

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (foto: solotrust.com)

Debunk ini berisi informasi palsu atau hoax yang beredar dimedia sosial terkait pemutihan SIM yang telah mati tanpa mengulang tes tertulis dan praktek di Polres wilayah terdekat.

======

(KATEGORI): HOAKS

======

(SUMBER): Pesan Berantai Whatsapp

======

(NARASI):

Ada Pemutihan SIM Yang Sudah Mati Untuk Gol A,B, dan C, Di Polwil, Berlaku Mulai Tanggal 27 Desember s/d 6 Januari 2018, Tolong Di Bantu Share Ya, Agar Yang Memiliki SIM Mati Bisa Di Perbarui Tanpa Menggulang Tes Lagi, Berlaku Seluruh Indonesia.

======

(PENJELASAN LENGKAP):

Baru-baru ini viral di media sosial terutama pesan berantai aplikasi chat whatsapp yang menyebutkan bahwa ada pemutihan surat izin mengemudi (SIM) oleh kepolisian yang diadakan dari tanggal 2-8 april 2018 tanpa melaui proses tes tertulis dan praktek lagi.

Menanggapi hal tersebut, Satlantas Polrestabes Bandung meminta masyarakat tidak percaya dengan adanya informasi tentang pemutihan SIM (Surat Izin Mengemudi).

Kanit Regident SatLantas Polrestabes Bandung, AKP, Atik Suswanti, mengatakan bahwa informasi yang beredar ramai melalui media sosial (medsos) pada Selasa (3/4/2018), malam, sama sekali tidak benar alias hoax.

“Jangan percaya terhadap informasi mengenai pemutihan SIM, ini adalah informasi palsu atau hoax yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” ujar Atik, kepada Tribun Jabar, melalui ponselnya, Kota Bandung, Rabu (4/4/2018).

Menurutnya, layanan SIM yang dilakukan oleh Polri tidak ada kebijakan mengenai pemutihan. Informasi yang beredar dan viral di medsos tersebut sama sekali tak benar.

“Kami tegaskan kembali bahwa tidak ada pemutihan dalam proses pembuatan SIM yang telah habis masa berlakunya. SIM yang telah expired harus kembali mengikuti proses pembuatan baru kembali, baik golongan SIM apapun,” ujar Atik.

Sementara itu, pihak Polri, kata dia, akan bertindak tegas terhadap pembuat dan penyebar informasi Hoax tersebut.

Sekedar informasi, hoax ini adalah hoax lama yang pernah beredar pada akhir 2017 lalu dan kembali muncul baru-baru ini.

======

REFERENSI:

http://jabar.tribunnews.com/amp/2018/04/04/informasi-pemutihan-sim-di-media-sosial-ternyata-hoax-ini-kata-polisi

https://metro.tempo.co/amp/1046013/viral-pemutihan-sim-tanpa-tes-polisi-hoax