[BENAR] Klarifikasi Mahfud Md Terkait Tuduhan Ratna Sarumpaet Terhadapnya

Prof Mahfud Md mengklarifikasi tuduhan Ratna Sarumpaet yang menyebut bahwa dirinya adalah aktor penyebar hoax dengan istilah “war on hoax”. Tuduhan tersebut dilontarkan Ratna perihal statement Prabowo yang menyebutkan bahwa pada tahun 2030 Indonesia akan Bubar berdasarkan literatur buku salah satu novel fiksi berjudul Ghost Fleet. Hal tersebut pun dibantah oleh Mahfud dan menjabarkan data dari Study McKinsey, bahwa pada 2030 mendatang Indonesia akan masuk 7 besar kekuatan ekonomi dunia.

======

KATEGORI
Klarifikasi.

======

SUMBER
Akun Twitter Mahfud MD, https://twitter.com/mohmahfudmd/status/977505015899172864

======

PENJELASAN LENGKAP

Seniman sekaligus aktivis sosial, Ratna Sarumpaet beberapa waktu lalu terlihat ‘mengkritisi’ Mahfud MD. Hal itu terjadi di akun media sosial Twitter keduanya.

Dalam cuitannya, Ratna Sarumpaet menuding Mahfud MD adalah salah satu oknum yang menciptakan kegaduhan dan merekayasa perpecahan untuk bangsa ini.

Anggapan itu muncul saat Mahfud MD menjawab pertanyaan dari seorang netizen terkait sikapnya terhadap Prabowo Subianto yang sudah tidak sepaham.

Mahfud MD menjelaskan sudah lama tidak sepaham dengan Prabowo. Ia mencontohkan saat menolak ajakan Prabowo untuk memperkarakan hasil Pilpres 2014 ke MK. Contoh lainnya, Mahfud MD memilih menjaga jarak saat ramai aksi ‘212’.

Pembahasan tersebut lah yang kemudian memicu Ratna Sarumpaet untuk berkomentar, Bahkan, Ratna menyebut pihak yang di dalamnya termasuk Mahfud MD, membuat ‘war on hoax’ guna membuat masyarakat ragu akan kebenaran sebuah berita.

“Itulah Strategi Neolib d antek2nya utk menguasai Indonesia. Mrk buat rakyat limbung.
Mrk ciptakan gaduh; Mereka mrekayasa perpecahan. Mrk bikin “war on hoax” spy org2 ragu akan kebenaran tiap berita. Sedih mngetahui @mohmahfudmd satu dr mereka,” tulis Ratna Sarumpaet di Twitter, Sabtu (24/3/2018).

Tak tinggal diam, Mahfud MD pun memberikan jawaban yang mematahkan argumen Ratna Sarumpaet. Menurut Mahfud MD, semua yang ia katakan adalah fakta.
Pertama, soal ucapan Prabowo yang bilang Indonesia akan lenyap tahun 2030.

Faktanya, memang banyak pihak yang menyebut ucapan Prabowo tersebut mengutip dari sebuah novel fiksi berjudul Ghost Fleet karya dua ahli strategi dan intelijen Amerika.

Kedua, soal prediksi Indonesia akan menempati posisi tujuh besar kekuatan ekonomi dunia. Faktanya, kata Mahfud, memang ada penelitian dari McKensey yang menjelaskan hal demikian.

Seperti diketahui McKinsey adalah salah satu lembaga konsultasi dan manajemen yang sudah terkenal di seluruh dunia dan sudah sering mendapatkan penghargaan.

Dalam status di twitternya, Mahfud MD mengajukan pertanyaan yang ditujukan kepada ratna sarumpaet.

“Mana yg hoax, Mbak Ratna? Pak Prabowo bilang Indonesia akan bubar th 2030 tp kemudian dibilang itu dari buku fiksi adl fakta. Sy bilang, mnrt studi McKensey 2030 Indonesia akan masuk 7 besar kekuatan ekonomi dunia jg fakta. Tak ada hoax. Sedih melihat Mbakku suka me-nuding2 bgt,” tulis Mahfud MD.

======

REFERENSI

(1) https://twitter.com/mohmahfudmd
(2) https://twitter.com/RatnaSpaet
(3) https://www.mckinsey.com/global-themes/asia-pacific/the-archipelago-economy
(4) http://makassar.tribunnews.com/2018/03/26/skak-mat-dituding-ratna-sarumpaet-penyebar-hoax-mahfud-md-beri-jawaban-menohok-ini?page=all
(5) http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-43490128