[SALAH] Ketum PAN, Zulkifli Hasan Sebut Habib Rizieq sebagai Tokoh Ulama Penggadai Agama

JPNN (Jawa Pos Grup) menyatakan gambar judul berita yang ditayangkan oleh akun instagram @negri.durjana yang berbunyi ‘Ketum PAN: Habib Rizieq Tokoh Ulama Penggadai Agama’ adalah tidak benar. Gambar tersebut adalah editan dari judul berita asli ‘Ketum PAN: Habib Rizieq Tokoh Umat’. JPNN juga menyatakan pihaknya sedikitnya sudah empat kali mengakat postingan @negri.durjana yang modusnya mengedit screenshot judul berita.

======

KATEGORI
Disinformasi.

====

SUMBER
Media Sosial.

====

NARASI

“Ketum PAN: Habib Rizieq Tokoh Ulama Penggadai Agama. Wooowww beneran apa gimana ini?. Ada yg bisa bantu menjelaskan?.” tulis akun instagram @negri.durjana, Jumat (23/3) lalu.

=====

PENJELASAN

Akun instagram dengan nama @negri.durjana menampilkan gambar judul berita yang berbunyi, ‘Ketum PAN: Habib Rizieq Tokoh Ulama Penggadai Agama’ pada Jumat (23/3) lalu. Namun, postingan @negri.durjana ini mendapat respon dari media daring JPNN.com yang menyatakan gambar tersebut editan dan mengadu domba antara Ketum PAN, Zulkifli Hasan dengan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab.

Pihak JPNN menerangkan bahwa gambar editan berita tersebut, berasal dari berita asli yang berjudul ‘Ketum PAN: Habib Rizieq Tokoh Umat’. Berita itu berkaitan dengan pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang mengapresiasi Rizieq atas sarannya agar PKS, Gerindra, dan PBB berkoalisi dalam Pilpres 2019.

’’Tentu kami terima pandangan berbagai kalangan. Apalagi sekaliber Habib Rizieq yang merupakan tokoh umat,” kata Zulkifli kepada JPNN, Jumat (23/3).

Klarifikasi yang dibuat oleh JPNN.com pun mendapat respon balik dari @negri.durjana. @negri.durjana menuliskan tanggapannya sebagai berikut;

“Sekelas Media Mainstream sibuk ngurusin akun Buzzer ??. Padahal sudah jelas di keterangan gambar di Caption yang bertuliskan. ( WOOOWWW BENERAN APA GIMANA INI.? ADA YANG BISA BANTU MENJELASKAN.? ) gue yang posting aja masih meragukan itu berita kecuali ane membenarkan itu berita.@jpnncom tolong di koreksi lagi.. “ tulis negri.durjana.

Namun, Jawa Pos menyatakan sedikitnya sudah empat kali mengangkat posting-an hoax yang diunggah akun @negri.durjana. Beberapa modusnya mengedit screenshot judul berita.

======

REFERENSI

(1) https://www.instagram.com/p/Bg5EOldnBB2/
(2) https://www.jpnn.com/news/zulkifli-hasan-dan-habib-rizieq-diadu-pakai-editan-berita
(3) https://www.jpnn.com/news/ketum-pan-habib-rizieq-tokoh-umat?page=1

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/620352724963933/