[BENAR] “Jokowi dituduh Jual Belikan Undangan Pernikahan Kahiyang-Bobby, Istana Angkat Bicara”

Juru Bicara Presiden, Johan Budi: “Tentu saja tidak benar undangan diperjualbelikan,”.

======

KATEGORI
Klarifikasi.

======

SUMBER
Media daring.

======

NARASI

Sebuah video yang diunggah ke Instagram oleh akun @arseto.suryoadji. Dalam video tersebut, si pemilik akun mengatakan: “Gua buka ke publik ya, gua laporin ke Polda kalau perlu sekarang. Waktu Jokowi kawinan undangannya itu dijualin Rp 25 juta satu undangan sama orang-orang pendukung Jokowi, cuih
Dasar koruptor lo semua koruptor, hah? Gua Arseto, mau apa lo? Mau nge-bully gua, gua bully lo emang lo koruptor, emang lo penjahat semua. Pendukungnya sama presidennya semua kok sama?
Orang gila semua itu, main proyek. Emang baj**an-baj**an, se**n-se**n itu, beneran. Dan Jokowi udah tambah kaya sekarang, bisa bayar semua. (Suara samar-samar) itu boneka aja di belakangnya main korupsi semua itu. Yang bawa aja itu undangan dijual 25 juta, udah gila-gilaan dah mereka.”

======

PENJELASAN

Nama Arseto Suryoadji mendadak viral lantaran postingannya di Instragram beberapa hari lalu. Dalam video tersebut, Arseto mengatakan bahwa undangan pernikahan anak Jokowi dibanderol 25 juta rupiah.

Mengetahui jika postingan tersebut tengah viral dikalangan masyarakat, pihak Istana pun akhirnya angkat bicara. Melalui Juru Bicara Presiden, Johan Budi, dikatakan tidak benar apabila undangan pernikahan diperjualbelikan. Klarifikasi yang disampaikan Johan Budi tersebut sudah sekaligus mewakili pihak keluarga dan juga Istana Kepresidenan.

Johan mengatakan jika Presiden Jokowi dan keluarga mengundang berbagai macam kalangan ke acara pernikahan anaknya, dan tidak ada pungutan sedikitpun terkait undangan tersebut. Ditambahkan pula, apabila ada yang mengtatasnamakan atau mengaku dari pihak Istana Kepresidenan ataupun keluarga, dan menjual undangan tersebut, harap segera melapor ke pihak berwajib serta harus didukung dengan bukti yang kuat.

======

REFERENSI

(1) http://www.tribunnews.com/nasional/2018/03/26/istana-minta-arseto-laporkan-penjual-undangan-pernikahan-anak-jokowi?page=all
(2) http://www.liputan6.com/news/read/3407162/istana-bantah-undangan-pernikahan-putri-jokowi-diperjualbelikan
(3) https://news.detik.com/berita/3936931/istana-jawab-tuduhan-arseto-pariadji-soal-harga-undangan-mantu-jokowi

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/619300421735830/