[HOAX] EMPAT JURUS EMERGENCY “TRICK MENOLONG NYAWA”

SUMBER : WHATSAPP

NARASI :
H 4 jurus Emergency “tricks menolong NYAWA (harus DISIMPAN)” :

1. Lumpuh 1/2 badan (akibat penyumbatan maupun perdarahan), nampak mulut – mata mencong, harus segera ambil jarum jahit, tusuk kedua daun telinga paling bawah, masing2 pencet 1 tetes darah. Orangnya langsung sembuh, dan tidak meninggalkan gejala di belakang hari.

2. Serangan jantung, segera buka kaos kakinya, dgn jarum jahit tusuk semua ujung2 jari kaki, lalu pencet masing2 dikeluarkan 1 tetes darah. Biasanya orangnya langsung siuman.

3. Bengek atau asma, sulit napas sampai menderita sekali. Segera tusuk ujung hidung dgn jarum jahit, pencet keluar 2 tetes darah hitam, langsung sembuh.

4. Ayanan (kejang2), tusuk dgn jarum jahit (jarum lain boleh ?), tusuk pada titik Ren Chung (pertengahan dlm parit antara hidung & bibir atas), segera sembuh.

ke 4 jurus di atas tidak ada bahayanya, Jgn takut, semuanya berkhasiat dalam 10 detik.

Forward sekali, mungkin BISA MENOLONG banyak orang..!!
MOHON jika sudah lihat ini di simpan.

PENJELASAN : Tersebar luas pesan berantai yang menginformasikan tentang tips mengatasi empat gangguan kesehatan dengan teknik tusuk jarum. Seperti pesan singkat yang tersebar selama ini, pesan tentang empat cara mengatasi empat gangguan kesehatan tersebut juga diakhiri dengan anjuran untuk memforward atau meneruskan kepada pengguna whatsapp lainnya.

Dalam pesan tersebut, diklaim bahwa para penderita akan mendapat efek positif setelah penggunaan jarum dengan durasi 10 detik. Tak lupa, si pembuat pesan juga meyakinkan pembaca apabila penggunaan tusuk jarum sangatlah tidak berbahaya bagi kesehatan alias aman.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, melansir dari detik.com, diketahui bahwasanya informasi tersebut sangat jauh dari fakta yang ada. Detik yang mengkofirmasi langsung melalui ahli bedah saraf RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, dengan tegas membantah informasi dipesan berantai tersebut. Dikatakan bahwa apa yang disampaikan pesan berantai tersebut justru sangat berbahaya dan memberi efek negatif ke dalam tubuh. Meski mempunyai resiko yang relatif kecil, namun yang lebih dikhawatirkan adalah delay atau keterlambatan untuk mendapat diagnosis dan perawatan secara tepat karena mengikuti tips-tips yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

REFERENSI :

https://health.detik.com/…/beredar-tips-4-jurus-emergency-m…

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/589699224695950/