[SALAH] BAHAYA MAKANAN ANAK KINDER JOY BISA SEBABKAN KANKER

Postingan ini berisi penjelasan tentang bahaya atau tidakkah produk makanan kinder joy yang diperuntukkan

===

KATEGORI : HOAX

===

SUMBER : YOUTUBE & MEDIA SOSIAL

http://pamanpos.blogspot.co.id/…/bahaya-makanan-anak-kinder…

https://www.youtube.com/watch?v=xw3smiB52rM

===

NARASI :

1. Stop makan KinderJoy

2. Sebuah video di youtube yang menyebutkan jika seorang anak dapat terkena kanker apabila memakan Kinder Joy

===

PENJELASAN : Anda yang punya anak kecil mungkin risau mendengar kabar ini. Disebutkan, jika makanan anak-anak yang berhadiah mainan, Kinder Joy, dilarang di Amerika Serikat karena bisa mengakibatkan kanker. Padahal, cerita aslinya di Amerika Serikat tidak seperti itu. Pihak penyebar berita palsu seolah ingin menggiring opini masyarakat terkait bahayanya mengkonsumsi Kinder Joy.

Melansir dari equator.co.id, kabar soal Kinder Joy yang seperti itu ternyata sudah lama menyebar. Pernah ramai pada 2015–2016. Tapi, hingga kini banyak yang masih memercayai dan menyebarkannya. Beberapa pelaku penyebarnya adalah netizen yang memonetize blog atau akun YouTube-nya dengan menjadi publisher iklan.

”Bea Cukai dan Lembaga Imigrasi Amerika Serikat mengungkapkan bahwa dalam setahun mereka menyita ratusan ribu pernak-pernik yang dibawa oleh wisatawan. Salah satu barang terlarang yang tidak boleh dibawa wisatawan adalah Kinder Joy atau Kinder Egg,” tulis blog pamanpos.blogspot.co.id yang mengaku mengutip dari Bontang Post.

Jika hanya pesan di atas yang ditampilkan, tentu tidak ada yang salah. Tapi, pesan tersebut menjadi disinformasi ketika ditambahi foto yang bertulisan kalimat berbahasa Inggris. Dalam pesan di foto itu disebutkan bahwa Kinder Joy mengandung wax coating. Bahan tersebut berbahaya karena bisa mengakibatkan kanker.

Memang Kinder Joy pernah dilarang di Amerika Serikat. Bea cukai Amerika Serikat juga kerap menyita Kinder Joy yang dibawa oleh orang yang masuk ke Negeri Paman Sam. Tapi, larangan itu bukan karena kandungan yang mengakibatkan kanker.

Dikutip dari Huffington Post, larangan itu disebabkan adanya undang-undang yang mengatur makanan, obat, dan kosmetik di Amerika Serikat. Dalam UU tersebut, terdapat larangan penyematan makanan bersama benda-benda tidak bergizi.

Nah, karena di dalam Kinder Joy terdapat mainan kejutan, hal tersebut termasuk yang dilarang. Pemerintah Amerika Serikat khawatir desain produksi Kinder Joy itu bisa membuat anak-anak tersedak. Saat itu, desain produksi Kinder Joy yang beredar berbentuk ”telur” dibungkus cokelat. Di dalam ”telur” tersebut terdapat mainan kejutan. Itulah yang sangat disukai anak-anak.

Menurut berita Fox News pada 15 November 2017, Kinder Joy akhirnya diizinkan beredar di Amerika Serikat. Berita Fox News itu merujuk pada rilis dari Kinder Joy yang disebarkan PR Newswire.
Kebijakan mengizinkan Kinder Joy beredar di Amerika Serikat disebabkan makanan yang diproduksi Ferrero Group tersebut telah mengubah desain produksinya. Bentuknya tetap seperti telur. Tapi, bagian makanan dan mainan dipisahkan.

Bentuk itu jugalah yang kini beredar di Indonesia. Dikutip dari situs Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Kinder Joy juga telah mendapatkan izin edar. Ada empat nomor registrasi izin edar. Di antaranya, Kinder Joy for Girls dan Kinder Joy for Boys. Pendaftar izinnya adalah PT Sukanda Jaya dan PT Ferrero Confectionery Indonesia. Ada yang masa berlaku izinnya berakhir pada 2019, ada juga yang 2023.

===

FAKTANYA : Kinder Joy memang pernah dilarang untuk dijual-belikan di Amerika Lantaran desain mainan kejutan yang ditempatkan di dalam makanan. Produk itu akhirnya diizinkan kembali setelah terjadi perubahan pada desain.

===

REFERENSI :

http://www.foxnews.com/…/kinder-joy-legal-version-kinder-eg…

https://equator.co.id/kinder-joy-pernah-dilarang-di-amerik…/

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/613941118938427/