[SALAH] Pesan Berantai Undian Berhadiah Dari Kementerian Tenaga Kerja Untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hongkong

Di antara kalangan pekerja migran Indonesia di Hongkong beredar pesan berantai yang berisikan informasi diadakannya undian berhadiah sebesar NT$350.000 yang mengaku dari Departemen Ketenagakerjaan Indonesia. Menanggapi isu tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) membantah telah menyebarkan pesan tersebut kepada PMI di Hongkong. Dilansir dari antaranews.com, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menegaskan, pihak Kemenaker tidak pernah mengeluarkan informasi tentang undian berhadiah tersebut. “Kalau ada informasi yang tidak jelas, tolong dicek dulu, bisa di-mention ke saya,” ujarnya.

=====

Kategori: Hoaks

=====

Sumber: Pesan Berantai

=====

Narasi:

INFORMASI RESMI DARI DEPNAKER REPUBLIK INDONESIA !!!!!

Selamat Anda Terpilih Mendapatkan PENGHARGAAN sebesar NT $. 350.000 dari DEPARTEMEN KETENAGA KERJAAN INDONESIA. Sebagai Pahlawan Devisa Negara terbaik Tahun 2017-2018. Kode registrasi TWN37589

Hubungi Call office:
+62853-9313-1245
A/n HARYONO

Atau kunjungi Alamat Website:
www.DEPNAKER.yolasite.com

1. Bagi anda penerimah pemberitahuan ini melalui Telephone atau Sms Whatsapp. Berarti telah resmi mendapatkan penghargaan tersebut tanpa diundi lagi.

2. Penghargaan Depnaker Bebas Biaya dan telah mendapat sertifikat Bebas pajak dari pemerintah Republik Indonesia.

3. Pengurusan Penghargaan telah mendapat Pengawasan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia dumaksudkan untuk menghindari hal-hal Negatif.

Peringatan:
HATI HATI PENIPUAN BILA DALAM PENGURUSAN ANDA DIMINTAI BIAYA, DARI OKNUM OKNUM YANG TIDAK BERTANGGUNH JAWAB. TANPA SEPENGETAHUAN DARI PIHAK DEPNAKER RI.

pengirim:
Depnaker Ri.
73538373777

=====

Penjelasan Lengkap:

Pesan berantai beredar di kalangan pekerja migran Indonesia (PMI) di Hongkong yang mengklaim dari Departemen Ketenagakerjaan Indonesia. Pesan itu berisikan informasi undian berhadiah sebesar NT$350 ribu.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia pun langsung merespon pesan berantai tersebut. Dilansir dari antaranews.com, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menyatakan, informasi dalam pesan berantai itu tidak benar sebab pihak Kemnaker tidak pernah membuat atau menyebarkan informasi undian berhadiah tersebut. “Tidak ada dan tidak benar itu. Kementerian tidak pernah bilang seperti itu. Tolong konfirmasi kalau ada berita gitu-gitu,“ tegasnya.

Menaker kemudian mengimbau kepada PMI dimana pun agar bersikap hati-hati dalam menyikapi rumor atau isu apa pun tentang “undian berhadiah” dari Kemnaker. “Kalau ada informasi yang tidak jelas, tolong dicek dulu, bisa di-mention ke saya,” ujarnya.

Bantahan yang sama pun dikemukakan oleh Direktur Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri (PTKLN) Kemnaker, Soes Hindharno. Ia mengatakan, pihak Kemnaker tidak pernah membuat undian berhadiah bagi tenaga kerja indonesia (TKI) teladan. Untuk itu, Soes berpesan, TKI di luar negeri jangan sampai terhasut dengan informasi bohong (seperti undian berhadiah dari Kemnaker).

“TKI jangan terpengaruh kabar hoaks, harus check and recheck biar tidak tertipu,” ujar Soes. Selain itu, ia berjanji, akan menelusuri siapa penyebar pesan tersebut kepada pihak-pihak terkait.

=====

Referensi:
https://www.antaranews.com/…/menaker-bantah-ada-undian-berh…
https://bisnis.tempo.co/…/beredar-sms-undian-berhadiah-bagi…
http://www.jurnas.com/…/Hati-hati-Tak-Ada-Undian-Berhadiah…/
https://news.detik.com/…/kemenaker-sms-berhadiah-pmi-telada…
http://www.rmol.co/…/Menaker:-Hati-hati-SMS-Undian-Berhadia…
http://news.liputan6.com/…/kemnaker-tepis-sms-hoax-undian-b…
https://www.covesia.com/…/menaker-informasi-undian-berhadia…