[SALAH] “Soal Bocornya NIK dan Nomor KK Sekarang dilempar Menjadi Tanggungjawab Provider”

Bukan kebocoran data tetapi penyalahgunaak NIK: “Terkait informasi yang beredar bahwa ada NIK dari salah satu warga yang digunakan untuk mendaftarkan 50 nomor, Kominfo membenarkan adanya kejadian tersebut. Akan tetapi hal ini adalah tindakan penyalahgunaan NIK, bukan kebocoran data. Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza membenarkan terdapat laporan masyarakat yang menyangkut pendaftaran nomor dalam jumlah banyak yang memakai satu NIK tertentu. Disampaikannya, telah dilakukan pendalaman apa yang terjadi, yaitu penggunaan NIK dan KK yang tak bertanggungjawab dengan berbagai modus, mengingat NIK dan KK seseorang bisa diperoleh dengan berbagai cara.”, selengkapnya di post sebelumnya di https://goo.gl/M5sNpX.

“Datangi operator” konteksnya adalah ini: “Nantinya, masyarakat bisa mengecek langsung apakah data NIK dan KK sudah digunakan oleh orang lain. Caranya, cukup melalui SMS. Jika NIK dan KK digunakan oleh nomor yang tak dikenal, maka sang pemilik bisa datang ke gerai operator. Operator juga bisa mencabut data NIK dan KK yang sudah didaftarkan di nomor tak dikenal dan mengembalikannya ke sang pemilik asli. “Tinggal datang ke operator dan di unreg,” ujar Ramli. Ramli mengatakan, operator tidak menyediakan fitur unreg langsung dari SMS. Sebab, fitur itu justru dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.”, selengkapnya di post sebelumnya di https://goo.gl/pcqd5k.

KATEGORI
Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
(2) https://goo.gl/K2yLwi, sudah dibagikan 10.543 kali ketika tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“.
Siapa yang disalahkan ?
Saling lempar tanggungjawab
Soal bocornya NIK dan nomor KK
Sekarang dilempar menjadi tanggungjawab provider.
.
Data kependudukan kartu SIM prabayar bocor, Menkominfo: Datangi operator. https://youtu.be/JDPMBDYvYx8
.
Ikuti berita terbaru di cnnindonesia.com
#CNNIndonesia

.⏬⏬”.

======

REFERENSI

(1) Post sebelumnya di https://goo.gl/M5sNpX, [SALAH] “I Was Told You Kekhawatiran Data Masyarakat Sudah Bocor ke Mana-Mana Terbukti”.

(2) Post sebelumnya di https://goo.gl/pcqd5k, [SALAH] “KK dan NIK Anda Bisa Dipakai Orang Lain, Waspadalah!”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/611903429142196/