[BENAR] DITUDING GUNAKAN SPRINDIK PALSU OLEH FREDRICH YUNADI, KPK BERIKAN KLARIFIKASI

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah : “Saya kira mengada-ada. Sprindik itu asli, sah dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses penyidikan yang terjadi kemarin,”.

KATEGORI : KLARIFIKASI

=====

SUMBER : MEDIA DARING

=====

PENJELASAN :

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK membantah tudingan yang dilontarkan oleh Fredrich Yunadi, mengenai penyebutan surat penyidikan atau sprindik terhadap dirinya palsu. Hal tersebut bermula ketika pembacaan dakwaan terhadap Fredrich dilakukan. Oleh Jaksa, Fredrich didakwa melanggar pasal 21 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001. Usai pembacaan dakwaan, hakim kemudian memberi kesempatan untuk Fredrich memberikan tanggapan. Seolah tak ingin menyia-nyiakan hal tersebut, dengan lantang Fredrich menyatakan jika surat dakwaan miliknya adalah palsu dan akan segera mengajukan eksepsi.

Menanggapi hal yang dilontarkan oleh Fredrich, KPK akhirnya buka suara. Melalui juru bicara mereka, Febri Diansyah, disebutkan jika pernyataan Fredrich terlalu mengada-ada. Febri menegaskan jika sprindik tersebut adalah asli dan sah. Keabsahan sendiri dapat dilihat dari kewenangan pihak yang mengeluarkan perintah. Sedangkan nama-nama yang tercantum dalam sprindik memanglah merupakan penyidik yang menerima perintah penugasan. Sebelumnya Fredrich juga menuding terdapat nama-nama tertentu yang belum bisa menjalankan tugas lantaran mengalami halangan. Namun Febri menepis jika hal tersebut bisa dijadikan modal untuk menyebutkan jika surat sprindik tersebut adalah palsu.

=====

REFERENSI:

http://news.liputan6.com/…/kpk-sprindik-fredrich-yunadi-asl…

http://wartakota.tribunnews.com/…/fredrich-yunadi-sebut-sur…

https://news.detik.com/…/fredrich-yunadi-tuding-sprindiknya…

https://www.merdeka.com/…/kpk-sebut-tudingan-fredrich-yunad…

https://merahputih.com/…/begini-klarifikasi-kpk-soal-tuduha…

 LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/609039786095227/