[HOAX] NYALAKAN AC TANPA BUKA KACA SAAT PERTAMA MASUK MOBIL BISA SEBABKAN KANKER

SUMBER : MEDIA SOSIAL

NARASI :

Menyalakan AC saat pertama masuk mobil dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene

Jika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40x dr tingkat Benzene yg bisa ditoleransi. Orang” yang sewaktu masuk ke dlm mobil, tdk membuka jendela sama sekali, berakibat akan menghirup banyak racun yg dg sangat cepat masuk kedalam tubuh anda.

Benzena adalah racun yg mempengaruhi ginjal & hati. Buruknya, sangatlah sulit bgi tubuh u/ mmbasmi racun2 tsb. Jadi bukalah pintu n jendela mobil sebelum anda masuk & berilah waktu untuk racun2 yg mematikan ini keluar, sebelum anda masuk ke dlm mobil.

Bagikanlah info ini kpd org” yg ada disekitar kita smg dpt bermanfaat

(Sumber Info Toyota Auto 2000)

PENJELASAN : Pesan berantai whatsapp memang sering kali di jadikan wadah paling mudah bagi mereka para produsen hoax. Dengan pesan berantai tersebut, informasi yang tidak sesuai dengan fakta bisa langsung tersebar dengan cepat ke berbagai kalangan. Seperti halnya dengan informasi yang menyatakan bahwa terdapat bahaya besar bagi para pengendara mobil yang tidak membuka kaca saat baru menyalakan AC.

Pesan hoax seperti halnya diatas sendiri sudah cukup lama beredar. Si pembuat menyatakan jika menyalakan AC saat pertama masuk ke dalam mobil dalam kabin tanpa membuka kaca terlebih dahulu bisa menyebabkan kanker dan berujung pada kematian. Jadi pengendara diharapkan membuka kaca terlebih dahulu, bersamaan dengan menyalakan AC mobil. Hal itu di ungkapkan agar uap yang mengandung zat berbahaya, yang dihasilkan dari dasbor, sofa, dan pengharum kabin mobil, tidak terhirup.

Melansir dari tribunnews.com, terkait dengan pesan tersebut, mereka langsung melakukan konfirmasi kepada pihak tertulis sebagai pengirim, yakni Toyota. Melalui General Manager Technical Service PT TAM, Dadi Hendriadi Pihak Toyota Astra Motor melakukan klarifikasi. Dadi mengatakan jika apa yang disampaikan oleh pesan tersebut adalah salah alias HOAX.

Dadi melanjutkan, jika ritual membuka kaca mobil bersamaan dengan menyalakan AC juga kerap ia lakukan. Namul hal tersebut bukan untuk mengeluarkan zat beracun melainkan agar uang kabin cepat dingin dan kerja AC tidak menjadi berat.

REFERENSI :

http://jabar.tribunnews.com/…/nyalakan-ac-tanpa-buka-jendel…

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/602893146709891/