[DISINFORMASI] “Sudirman Said Sedang Sembahyang Semoga Tidak di Demo Berjilid-jilid”

SUMBER
(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
(2) https://goo.gl/JbTPKA, akun atas nama “Iwan Rudiawan”.

NARASI
“Ssst …
Pk Sudirman Said sedang sembahyang di Vihara …
jangan diganggu .. apalagi di demo … ?”.

PENJELASAN
Pertama, foto tersebut sudah disunting. Salah satu sumber foto asli > https://goo.gl/MLZ3Uu (foto terakhir, posisi paling kanan di album).
.
Kedua, di hari yang sama Sudirman Said tidak hanya mengunjungi Kelenteng tersebut: “Sudirman datang ke Masjid Agung Kauman untuk salat Jumat di sana. Kemudian ia menuju kantor kesekretariatan dan ditemui oleh Ketua takmir, KH Hanief Ismail. “Saya tadi dijelaskan Pak Hanief sejarahnya di sini. Saya sudah berkunjung ke tiga masjid besar di Semarang,” kata Sudirman sebelum meninggalkan Masjid Agung Kauman Semarang, Jumat (16/2/2018). Mantan menteri ESDM itu kemudian berjalan kaki menuju Kelenteng Tay Kak Sie didampingi Ketua DPC PKB Kota Semarang, Soemarmo.”

REFERENSI
(1) https://goo.gl/MLZ3Uu, “Photo > News
Sudirman Said Kunjungi Kelenteng Tay Kak Sie
Ahmad Antoni
Jum’at, 16 Februari 2018 – 22:44 WIB
Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said (kedua kiri) mengunjungi Kelenteng Tay Kak di Gang Lombok, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/2/2018).
Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said bersama rombongan mengunjungi Kelenteng Tay Kak di Gang Lombok, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/2/2018). Kunjungan mantan Menteri ESDM ini bagian dari silaturahmi dengan pengurus yayasan Tay Kak Sie di tengah perayaan Tahun Baru Imlek 2018/2569.
(rat)”
.
(2) https://goo.gl/iEJ9oL, “Jumat 16 Februari 2018, 17:04 WIB
Kampanye Pilgub Jateng
Sudirman Said Kunjungi Masjid dan Kelenteng di Semarang
Angling Adhitya Purbaya – detikNews
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang – Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said hari ini mengunjungi dua tempat ibadah besar di Semarang yaitu Masjid Agung Kauman Semarang dan Kelenteng Tay Kak Sie. Kunjungan Sudirman bukan untuk kampanye, melainkan hanya silaturahmi.
Sudirman datang ke Masjid Agung Kauman untuk salat Jumat di sana. Kemudian ia menuju kantor kesekretariatan dan ditemui oleh Ketua takmir, KH Hanief Ismail.
“Saya tadi dijelaskan Pak Hanief sejarahnya di sini. Saya sudah berkunjung ke tiga masjid besar di Semarang,” kata Sudirman sebelum meninggalkan Masjid Agung Kauman Semarang, Jumat (16/2/2018).
Mantan menteri ESDM itu kemudian berjalan kaki menuju Kelenteng Tay Kak Sie didampingi Ketua DPC PKB Kota Semarang, Soemarmo. Sudirman sempat disambut warga yang sedang menonton perlombaan Barongsai di depan Kelenteng.
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Sudirman disambut Ketua Yayasan Tay Kak Sie, Tanto Hermawan dan diajak berkeliling ke sejumlah altar Dewa. Sudirman mengatakan kunjungannya bukan untuk kampanye melainkan silaturahmi termasuk mengucapkan tahun baru Imlek 2569 ke warga Tionghoa.
“Bukan kampanye, tapi silaturahmi, saudara kita kan merayakan tahun baru Imlek. Saya jelaskan soal makna dan sejarahnya,” tandas Tanto.
Kepada umat yang datang ke Kelenteng Tay Kak Sie, Sudirman mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Ia juga diberi kesempatan menyalakan lilin di altar.
“Terimakasih saya diberi kesempatan menyalakan lilin yang menyimbolkan kedamaian rumah dan rezeki yang banyak,” tandasnya.
“Kami bersyukur bisa berkunjung di hari spesial ini,” imbuh Sudirman.
(alg/bgs)”.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/602893883376484/