[DISINFORMASI] “Gemuruh Suara Asteroid yang Sedang Melintas”

“Pertama, suara atau bunyi perlu udara untuk merambat, yang artinya karena di luar angkasa hampa udara suara tidak bisa didengar.
Kedua, kemungkinan suara tersebut berasal dari PLTU Palabuhanratu yang sistem proteksinya sedang bekerja (selengkapnya di poin (4) bagian REFERENSI).”

 

SUMBER
Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

NARASI
“#ask #asteroid #2018cb #asteroid2018cb #suara #gemuruh #suaragemuruh #jawabarat #NASA
mohon pencerahannya, saya ditanya teman teman saya terkait percakapan di sebuah grup FB tentang suara gemuruh yang terjadi di jawa barat semalam.
#apakah benar itu suara asteroid yang sedang melintas?
sudah saya cari beritanya, tapi tidak ada
Link yang berhubungan:
NASA Pantau ‘Kedatangan’ Asteroid Berukuran 40 Meter https://techno.okezone.com/read/2018/02/09/56/1857197/nasa-pantau-kedatangan-asteroid-berukuran-40-meter
Malam Ini Asteroid Melintas, Jaraknya Lebih Dekat dari Bulan http://cnn.id/275152
saya belum menemukan berita hari ini yang membahas tentang suara gemuruh semalam.”.

PENJELASAN
Pertama, suara atau bunyi perlu udara untuk merambat, yang artinya karena di luar angkasa hampa udara suara tidak bisa didengar.
Kedua, kemungkinan suara tersebut berasal dari PLTU Palabuhanratu yang sistem proteksinya sedang bekerja (selengkapnya di poin (4) bagian REFERENSI).

REFERENSI
(1) https://goo.gl/LgUaLV, “Bunyi atau suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara. Kebanyakan suara adalah gabungan berbagai sinyal getar terdiri dari gelombang harmonis, tetapi suara murni secara teoretis dapat dijelaskan dengan kecepatan getar osilasi atau frekuensi yang diukur dalam satuan getaran Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam satuan tekanan suara desibel (dB). Manusia mendengar bunyi saat gelombang bunyi, yaitu getaran di udara atau medium lain, sampai ke gendang telinga manusia. Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia berkisar antara 20 Hz sampai 20 kHz pada amplitudo berbagai variasi dalam kurva responsnya. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik dan di bawah 20 Hz disebut infrasonik.”
.
(2) https://goo.gl/resDkR, Google Translate: “Bisakah kamu mendengar suara di luar angkasa? (Pemula)
“Beberapa teman dan saya saat ini dalam perdebatan tentang ruang. Mereka mengatakan bahwa tidak ada suara di luar angkasa dan itu karena tidak ada udara di angkasa. Misalnya jika seseorang berbicara dengan Anda, Anda tidak dapat mendengar apa yang mereka katakan. Saya merasa sulit untuk percaya salah satu dari klaim tersebut. Saya berpendapat bahwa harus ada udara di luar sana dan bahkan jika tidak ada udara, masih ada suara karena gelombang radio dan gelombang cahaya bergerak melalui ruang angkasa. Bisakah Anda jelaskan argumen ini?”
Jawaban oleh Dave : Saya khawatir teman Anda benar. Di ruang kosong, tidak ada udara, dan yang kita sebut “suara” sebenarnya adalah getaran di udara. Sekarang, seperti yang telah Anda katakan, memang ada gelombang cahaya dan gelombang radio di angkasa, tapi ombak ini tidak terdengar, tapi ringan. Cahaya tidak membutuhkan udara untuk bepergian, tapi kemudian Anda tidak mendengarnya; Anda melihatnya, atau itu ditafsirkan oleh radio Anda dan kemudian diterjemahkan ke dalam suara.
Astronot di ruang angkasa saling berbicara satu sama lain. Di pesawat ruang angkasa, ada banyak udara, sehingga mereka hanya bisa berbicara normal. Saat mereka melakukan spacewalking, mereka berbicara melalui radio di helm mereka. Gelombang radio, sekali lagi, tidak ada masalah di luar angkasa, tapi tidak masuk akal. Mereka adalah radio, yang harus diubah menjadi suara oleh headset astronot.
“Tapi tidak bisakah ada getaran dalam materi yang bukan udara? Dan jika ada gas di ruang angkasa, mengapa tidak bisa terdengar bergerak melalui mereka?”
Jawaban oleh Lynn : Anda benar bahwa ada gas di luar angkasa, dan memang benar bahwa gas-gas ini dapat menyebarkan gelombang suara seperti udara di Bumi memungkinkan suara untuk bepergian. Bedanya, awan gas antar bintang jauh kurang padat dibanding atmosfer bumi. (Mereka memiliki lebih sedikit atom per kaki kubik.) Jadi, jika gelombang suara bergerak melalui awan gas besar di luar angkasa dan kami di luar sana mendengarkan, hanya beberapa atom per detik yang akan mempengaruhi gendang telinga kita, dan kita tidak dapat melakukannya. mendengar suaranya karena telinga kita tidak cukup sensitif. Mungkin jika kita memiliki mikrofon yang luar biasa besar dan sensitif, kita bisa mendeteksi suara ini, tapi ke telinga manusia kita, itu akan menjadi sunyi.
Ada juga getaran dalam materi yang tidak berbentuk gas: misalnya, Bumi padat atau bahkan Matahari (lihat tautan terkait di bawah). Tapi meski suara bisa berjalan melalui Bumi, ia tidak dapat melakukan perjalanan dari Bumi ke Mars karena pada dasarnya tidak ada masalah (gas, cairan, padatan) di antara kedua planet untuk dilewati.
Jadi tidak sepenuhnya benar bahwa tidak ada getaran suara yang dapat dilakukan melalui ruang angkasa sama sekali, namun memang benar bahwa manusia tidak dapat mendengar suara apapun di angkasa.
“Tapi di film saat mereka menunjukkan sebuah kapal ruang besar meledak dan pesawat ruang angkasa lain di dekat mereka sering memainkan suara meledak besar. Saya bertanya-tanya dalam ledakan besar (mungkin tidak sekecil pesawat ruang angkasa yang meledak, namun mengatakan dalam supernova) dapatkah seseorang mendengar suaranya karena kemungkinan ledakan tersebut melepaskan gas di mana energi akustik diangkut melalui ruang hampa antara ledakan dan beberapa pengamat di pesawat ruang angkasa (atau mungkin di bumi) jika ledakan supernova atau pesawat ruang angkasa relatif dekat?”
Jawaban oleh Lynn : Saya tahu di film berkali-kali mereka memainkan suara saat hal-hal meledak, tapi saya tidak tahu ada kasus di mana ini benar-benar realistis. Karena ruang adalah vakum, gas yang dilepaskan ke luar angkasa berkembang sangat cepat, dan saat memperluas kerapatannya berkurang.
Jadi katakan Anda berada di sebuah pesawat ruang angkasa di tengah pertempuran ruang besar dan sebuah kapal di dekatnya meledak. Kapal yang meledak akan melepaskan gas dan secara teknis suara bisa berjalan bersama mereka. Namun, karena ruang adalah ruang hampa, gas-gas ini akan menyebar dengan sangat cepat dan kerapatannya akan turun sangat cepat dengan jarak dari ledakan. (Jika Anda memikirkannya, jumlah udara di kapal mungkin tidak terlalu besar dibandingkan dengan volume ruang di antara dua kapal.) Jadi pada saat ledakan sampai ke kapal Anda di dekatnya, suara yang dibawa oleh gas tetap ada. terlalu samar mendengar. Tampaknya lebih mungkin bagi saya bahwa apa yang akan Anda dengar adalah pecahan peluru dari ledakan yang membenturkan lambung kapal Anda. Seperti yang Anda tunjukkan, itu tergantung jarak. Jika kapal Anda berada tepat di sebelah kapal meledak, Anda akan cenderung mendengar sesuatu, tapi itu juga berita buruk bagi kapal dan kru Anda!
Ini hampir sama untuk supernova. Gas dari ledakan supernova berkembang dengan cepat, dan kerapatannya akan turun dengan cepat. Saya tidak yakin seberapa dekat Anda harus mendengar supernova, karena saya tidak yakin di mana Anda harus mendapatkan kepadatan yang dekat dengan nilai atmosfer Bumi, dan Anda mungkin memerlukan simulasi komputer untuk diceritakan secara tepat. Tapi untuk mendapatkan gambaran bagaimana kepadatan gas akan turun saat Anda memperluas bahan bintang, saya melakukan perhitungan yang sangat sederhana. Jika Anda mengambil bintang 50 kali massa matahari dan mendistribusikan massanya ke ruang angkasa dengan radius yang sama dengan orbit orbit planet Merkurius, kerapatannya sudah 10 kali lebih kecil dari kepadatan atmosfer di permukaan laut di Bumi. Merkurius cukup dekat dengan matahari, dan Anda tidak akan bisa mendengar suara bahkan pada jarak itu! Pada kenyataannya, tidak semua massa bintang dikeluarkan ke luar angkasa, dan gas yang dikeluarkan memiliki gelombang kejut, yang dikompres. Tapi ide dasarnya adalah Anda harus sangat dekat untuk mendapatkan kepadatan yang cukup tinggi untuk mendengar apapun. Jadi kita tidak akan pernah mendengar ledakan supernova di Bumi, misalnya. Ini sedikit menyedihkan, tapi ruang diam.
Halaman terakhir diperbaharui pada 22 Juni 2015.”
.
(3) https://goo.gl/fnNiot, artikel dengan bahasa asli (English): “Can you hear sounds in space? (Beginner)”.
.
(4) https://goo.gl/zPFy1E, “Ini Penjelasan Soal Suara Gemuruh di PLBU Palabuhanratu
Ahad 04 February 2018 16:07 WIB
Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Suasana Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Suara gemuruh terjadi pada Ahad dini hari sekitar pukul 01.03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sempat bergemuruh pada Ahad (4/2) dini hari. Suara ini dinilai sebagai respons bekerjanya sistem proteksi pembangkit listrik terhadap gangguan.
Manajer Administrasi dan Humas PT Indonesia Power PLTU Palabuhanratu, Irwanto, menyebutkan, suara gemuruh terjadi pada Ahad dini hari sekitar pukul 01.03 WIB. Kejadian tersebut bukan disebabkan terjadinya kecelakaan maupun kebakaran.
“Suara itu keluar karena bekerjanya sistem proteksi pembangkit listrik terhadap gangguan,” terang Irwanto, Ahad (4/2).
Untuk memastikan penyebabnya, kata dia, saat ini tim ahli pembangkit dari PLTU sedang menyelidiki dan menganalisa penyebab gangguan yang timbul. Hingga Ahad siang situasi PLTU Palabuhanratu berjalan kondusif.
Berdasarkan data dari PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Sukabumi menyebutkan sempat terjadi gangguan listrik di Gardu Induk (GI) Bogor Baru PMT 150 KV Sentul sehingga menyebabkan hilangnya tegangan di sejumlah GI. Di antaranya GI Cibinong Baru, Salak, Salak Baru, Lembursitu, Ciawim Bayah, Semen Jawa, dan Cianjur.
Hingga Ahad siang sejumlah GI sudah berangsur normal sehingga pasokan listrik mulai normal.
Salah seorang warga Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug Supriadi (43) mengatakan, jaringan listrik di rumahnya padam pada Ahad dini hari. Mati listrik cukup lama hampir di semua wilayah Cicurug, terang dia.
Kejadian padam listrik juga terjadi di Kota Sukabumi. Salah seorang warga Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Kurnia (32) mengatakan listrik padam pada Ahad dini hari dan menyala lagi pada waktu menjelang subuh.”

CATATAN
I have no problem with English, the use of Google Translate is for faster translate. Instead of using more time to manually doing it, I prefer to use the time for more useful activities such as focus on debunking instead of translating (Jawaban saya karena pernah diprotes menggunakan Google Translate).

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/598198377179368/