[MISINFORMASI] Rombongan Presiden Jokowi Kecelakaan di Sumatera Barat

Sumber: Media Sosial
https://www.facebook.com/mantabzcom/videos/2015459552058093/
https://www.facebook.com/1000110944…/videos/531014363945040/
https://www.youtube.com/watch?v=iujWonEVE1k
https://www.youtube.com/watch?v=rbFlCTU712c

Narasi: Isu rombongan Presiden Jokowi kecelakaan berupa sebuah video mobil berjenis minibus berplat merah terjungkal. Video itu diunggah akun Facebook Mantabz, akun Facebook atas nama Nero Wangga, akun Youtube Redaksi Sumbar, dan akun Youtube JAGOAN INTERNET. Masing-masing akun tersebut menyertai video dengan narasi. Berikut narasi tersebut:

Narasi 1 (Mantabz):
Insiden kecelakaan mobil pengawalan Presiden Jokowi dari Solok menuju Padang (8/2/18).

Video from: Yogi Meraldo.
Like: Mantabz

Narasi 2 (Nero Wangga):
Mobil Rombongan Presiden Jokowi mengalami kecelakaan di Solok Sumatera Barat.

Narasi 3 (Youtube Redaksi Sumbar):
Mobil Rombongan Presiden Jokowi Mengalami Kecelakaan di Solok, Sumbar. Para penumpang mobil rombongan presiden yang menuju Kota Padang tersebut mengalami luka-luka.

Narasi 4 (Youtube JAGOAN INTERNET):
telah terjadi kecelakaan pada salah satu mobil iring-iringan rombongan Presiden Joko Widodo dari Solok menuju kota Padang di Sumatera Barat

Penjelasan:
Ketiga video itu sama isinya, tidak ada penambahan dan pengurangan. Isu yang diangkat pun sama, yakni rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kecelakaan. Namun, dalam video itu tidak ada keterangan yang memperkuat klaim bahwa video kecelakaan itu adalah rombongan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Sumatera Barat.

Setelah melakukan penelusuran, diketahui bahwa peristiwa itu tidak sepenuhnya benar. Dilansir dari Antaranews, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media (PPM) Sekretariat Presiden Bey Machmudin, mengatakan, kendaraan minibus hitam yang mengalami kecelakaan pada Kamis (8/2) bukan merupakan rombongan kepresidenan.

Bey menambahkan, kendaraan yang kecelakaan itu adalah mobil dinas milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada pukul 16.30 WIB. Adapun, menurut Bey, saat kendaraan itu mengalami kecelakaan, rombongan kepresidenan sudah sampai di Sawahlunto. Berikut kutipan beritanya:

[…]Padang, Sumbar, (ANTARA News) – Kendaraan minibus hitam yang mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera pada Kamis (8/2) bukan merupakan rombongan kepresidenan.

“Bukan rombongan kepresidenan. Kendaraan yang kecelakan adalah mobil dinas milik Pemprov Sumatera Barat pada pukul 16.30 WIB,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media (PPM) Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada Antara melalui pesan singkat diterima di Kota Padang, Jumat.

Kendaraan minibus yang kecelakaan berlokasi di jalan rute Padang-Solok wilayah Pintu Angin Arousuka Kabupaten Solok.

Menurut Deputi PPM, posisi rombongan kepresidenan saat itu tengah berada di Sawahlunto.

“Pada waktu tersebut, Presiden dan rombongan sudah berada di Sawahlunto untuk menyerahkan sertifikat kepada keluarga Adinegoro,” jelas Bey.

Kendati demikian, Deputi PPM menyampaikan turut prihatin atas insiden tersebut. […]

Dari keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa isu ada mobil rombongan Presiden Jokowi yang kecelakaan tidak sepenuhnya benar. Mengenai kecelakaannya, memang fakta, terjadi kecelakaan di jalan rute Padang-Solok. Namun, informasi yang tidak benar adalah mobil berplat merah itu bukanlah rombongan Presiden Jokowi, melainkan mobil dinas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Munculnya isu kecelakaan mobil tersebut dikaitkan dengan rombongan kepresidenan dikarenakan Presiden Jokowi kini tengah berada di Sumatera Barat. Ditambah, mobil minibus yang kecelakaan dalam video berplat merah. Hal itu kemudian diasumsikan sebagai mobil iring-iringan Presiden Jokowi.

Berdasarkan kutipan berita dan penjelasan tersebut, maka isu rombongan Presiden Jokowi kecelakaan di Solok, Sumatera Selatan masuk kategori misinformasi. Sebab, terdapat salah kaprah pemahaman mengenai identitas mobil dan korban kecelakaan dalam video yang telah viral di media sosial.

Referensi:
https://www.antaranews.com/…/deputi-protokol-rombongan-kepr…
https://www.cnnindonesia.com/…/istana-bantah-video-kecelaka…
https://news.okezone.com/…/mobil-yang-kecelakaan-bukan-mili…
http://kabar24.bisnis.com/…/hoax-rombongan-jokowi-kecelakaa…
https://www.suara.com/…/deputi-protokol-kecelakaan-minibus-…
http://setkab.go.id/bey-machmudin-mobil-kecelakaan-di-sumb…/