[HOAX] KEPOLISIAN MESUJI TERTANGKAP BASAH TENGAH MELAKUKAN PUNGLI

SUMBER : MEDIA SOSIAL FACEBOOK (postingan telah dihapus)

https://www.facebook.com/bambang.n.irma

NARASI :

Kepada pak presiden Indonesia
Pak Joko Widodo (jokowi)
Kepolisian daerah mesuji semakin ganas dgn menangkap mobil2 dan meminta uang sbsar 200000 rupiah secara paksa baru di beri jalan lancar. Mohon diselesaikan pak atas pungli kepolisian mesuji lampung.
Tolong bantu bagikan agar pak presiden indonesia kta tau bagaimana polisi di jalan selalu pungli

PENJELASAN :

Sebuah akun facebook dengan nama Bambang Putra Ragil membuat postingan yang menyatakan bahwa pihak Kepolisian Mesuji tertangkap basah tengah melakukan pungutan liar kepada mobil-mobil yang hendak melintas. Dalam postingannya tersebut, diikutsertakan pula sebuah foto yang menunjukkan pihak kepolisian setempat tengah berkumpul untuk melakukan pungutan liar. Postingan yang mulai tersebar sejak satu hari lalu itu, bahkan dilengkapi dengan permintaan tolong kepada Presiden RI Joko Widodo untuk segera memberantas oknum-oknum kepolisian yang terlibat dalam pungli di Mesuji.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika postingan tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada melainkan HOAX. Melansir dari akun twitter resmi milik Divisi Humas Polri @DivHumasPolri, diketahui jika kejadian didalam foto tidak sesuai dengan narasi yang disebarkan oleh akun Bambang Putra Ragil.

Pihak kepolisian menjelaskan bahwa kejadian dalam foto tersebut bukanlah melakukan pungutan liar, melainkan penghapusan merk yang tertera pada masing-masing kendaraan. Merk tersebut biasa ditempelkan oleh oknum tak bertanggung jawab yang ingin melakukan pungli atau tidak kejahatan lainnya terhadap kendaraan yang melintas.

Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Mesuji, Kompol Ali Muhaidori S.I.K. menyampaikan bahwa agenda tersebut sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Hal tersebut dilakukan guna memberikan rasa aman kepada para pengguna jalan dan tidak terdapat lagi preman yang mengatasnamakan rumah makan atau yang lainnya dengan modus memberikan rasa aman melalui pungutan liar.

REFERENSI :

https://twitter.com/DivHumasPolri/status/960884274785169409

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/596386360693903/