[KLARIFIKASI] DITJEN HUBUD TANGGAPI VIDEO ANAK-ANAK PAPUA BERMAIN AYUNAN PADA BALING-BALING HELICOPTER

SUMBER : MEDIA SOSIAL YOUTUBE & INSTAGRAM

NARASI :

Video dengan durasi satu menit yang memperlihatkan beberapa anak kecil tengah bermain diatas baling-baling helicopter.

PENJELASAN : Masyarakat dunia maya kembali dibuat heboh dengan munculnya video berdurasi hampir satu menit, yang memperlihatkan beberapa anak sedang bermain prosotan diatas sebuah baling-baling helicopter. Video yang beredar sejak satu hari lalu itu kemudian membuat netizen bertanya-tanya apakah kejadian tersebut benar atau tidak.

Tak hanya diyoutube, video tersebut semakin viral saat disebarkan oleh akun instagram dengan nama @badassmilitary_idn. Sehari setelah diunggah, video tersebut sudah disaksikan oleh 45 ribu lebih netizen. Kebanyakan dari mereka juga memberikan komentar yang cukup menarik. Mulai dari permaianan anak-anak Papua yang disebut mempunyai harga fantastis, hingga membandingkan harga mainan disatu daerah dengan daerah lain.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, melansir dari akun twitter resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia @djpu151, dijelaskan bahwa helicopter tersebut merupakan helicopter bekas MI 8 Register negara Afrika ST – MGA yang rusak & sudah dinyatakan scrap sejak tahun 2013 lalu.

Diklarifikasi lebih lanjut, helicopter tersebut saat ini sudah menjadi barang rongsokan atau bisa dikatakan bukan helicopter lagi. Sebelumnya, helicopter tersebut pernah dioperasikan oleh PT Manunggal Air hingga pertengahan tahun 2013. Dan memasuki Agustus 2015, operator sendiri telah melakukan pencabutan izin pengoperasian helicopter tersebut.

REFERENSI :

https://www.instagram.com/p/Beu_NT4li6-/…

https://www.youtube.com/watch?v=6DxPFMDbU6I

https://twitter.com/djpu151/status/960128840193392640

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/595498984115974/