[HOAX] Panglima TNI Menghapus SAMAPTA UKP 2018

Sumber: Media Sosial dan Pesan Berantai

Narasi:
Beredar pesan mengatasnamakan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yang berisikan penghapusan SAMAPTA Usul Kenaikan Pangkat (UKP) tahun 2018. Berikut kutipan pesan tersebut:

PESAN PANGLIMA TNI

Kepada seluruh prajurit TNI AD TMT 01-04-2018 SAMAPTA UKP saya tiadakan. dikarenakan saya tidak mau prajurit gugur demi pangkat. cukup kalian berdinas dengan baik jangan buat pelanggaran, pangkat kalian akan naik dengan sendirinya. Kepada seluruh prajurit salam hormat dan bangga saya kepada kalian

Jakarta, 22 Januari 2018
Panglima Tni
Capt ttd
Hadi Tjahjanto
Marsekal TNI

Penjelasan:
Pesan tersebut sudah mendapat klarifikasi dari pihak Pusat Penerangan TNI. Melalui ketiga media sosialnya, yakni Fanpage Facebook Pusat Penerangan TNI, Akun Twitter @Puspen_TNI, dan Akun Instagram @puspentni, dijelaskan bahwa pesan tersebut adalah hoax.

Sekedar informasi, tes Samapta merupakan rangaian tes fisik untuk menguji daya tahan dan kebugaran Prajurit TNI. Dilansir dari tni-au.mil.id, Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M.Tonny Harjono, S.E, tes samapta itu penting guna untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani masing- masing. Selain itu, tes samapta memiliki fungsi untuk menganalisis gaya hidup prajurit sudah baik atau tidak. Berikut kutipan informasi mengenai pentingnya tes Samapta:

[…]TNI AU. Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M.Tonny Harjono, S.E., beberapa pejabat dan anggota Lanud Adi Soemarmo mengikuti test kesemaptaan Jasmani di lapangan sepak bola Lanud Adi Soemarmo, Selasa (14/11). Pelaksanaan tes Samapta ini dilaksanakan secara bergiliran antara Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sesaat sebelum pelaksanaan tes di mulai Danlanud Adi Soemarmo mengatakan tes samapta itu penting guna untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani masing- masing. “Fungsinya agar kita bisa menganalisa apakah gaya hidup kita baik atau tidak, jika hasilnya tidak, maka kita seharusnya memperbaiki pola hidup”. Ujar Danlanud.

Senada dengan Danlanud, Kepala Seksi Pembinaan Jasmani ( Kasi Binjas ) Lanud Adi Soemarmo Mayor Kes Abu Y. Al Ansori, S.Pd., menyampaikan tes samapta ini penting, selain untuk mengetahui kondisi fisik, juga agar kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, sehingga diharapkan dengan kondisi fisik yang prima dapat melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal, kata Kasi Binjas

Kasi Binjas juga menjelaskan tes kesamaptaan jasmani yang diujikan, meliputi tes Samapta “A” dan tes Samapta B, untuk Samapta A yaitu lari 2.400 meter sedangkan untuk Samapta B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Sutlle Run. Tes samapta ini merupakan pelaksanaan program kerja Binjas Lanud Adi Soemarmo semester II Tahun Anggaran 2017, pungkas Kasi Binjas.[…]

Berdasarkan pernyataan dari ketiga media sosial resmi Pusat Penerangan TNI dan informasi mengenai pentingnya tes Samapta, maka kabar mengenai penghapusan tes Samapta UKP 2018 tidak benar. Dengan begitu, kabar mengenai penghapusan kabar tersebut adalah hoax.

Referensi:
https://www.facebook.com/PENERANGAN.TNI/photos/a.920925594643944.1073741881.350005585069284/1538608936208937/?type=3&theater
https://www.instagram.com/p/BesiPMaFkzA/?taken-by=puspentni
https://twitter.com/Puspen_TNI/status/959412341514297344
https://tni-au.mil.id/tes-samapta-untuk-mengukur-tingkat-k…/