[DISINFORMASI] VIDEO TIKUS SEDANG MANDI LAYAKNYA MANUSIA

SUMBER : MEDIA SOSIAL

NARASI :

Video dengan durasi 20 detik yang memperlihatkan seekor hewan mirip tikus sedang mandi layaknya manusia.

PENJELASAN : Netizen Indonesia kembali dibuat heboh dengan beredarnya video yang memperlihatkan seekor hewan mirip tikus, sedang mandi layaknya manusia pada umumnya. Dalam video tersebut, si tikus bertingkah sangat aneh yakni menggosok sekujur tubuhnya dengan sabun. Pasca muncul ke permukaan, video tersebut langsung membuat masyarakat bertanya-tanya dan sudah ditonton sebanyak jutaan kali olh warganet.

Keviralan tersebut kemudian mengundang komentar serius dari para pengamat dan ahli biologi yang memang menjadi peneliti tikus. Melansir dari snopes.com, menurut ahli biologi yang sedang menyelesaikan studi keberagaman hewan pengerat di Universitas Chicago, Dallas Krentzel mengklaim bahwa hewan yang ada dalam video tersebut bukanlah tikus melainkan Pacarana.

Pacarana adalah jenis hewan pengerat langka yang merupakan hewan asli dari Amerika Selatan. Pacaran termasuk hewan pengerat dengan ukuran badan yang cukup besar. Hewan noctural tersebut biasa ditemukan di hutan tropis di Sungai Amazon sebelah barat hingga di lembah pegunungan Andes. Klaim dari Dallas tersebut kemudian didukung oleh Presiden American Fancy Rat and Mouse Association, Karren Robins. Karren menyebut jika itu bukanlah tikus melainkan Pacarana.

Dibahas lebih jauh, para pengamat tikus juga mengomentari tentang aktivitas mandi yang tampak dalam video. Karren menilai video cukup janggal karena tidak menampilkan bagian saat hewan tersebut dibilas air bersih. Menurut Karren tikus memiliki rutinitas mandi secara mandiri, tikus biasa menggunakan lidah dan giginya untuk membersihkan tubuh, layaknya kucing. Bahkan tak jarang setelah dimandikan tikus masih membersihkan tubuhnya karena tak nyaman dengan bekas sabun.

Kecurigaan ahli biologi lainnya mengenai sikap di hewan pengerat juga dimuat pada laman Gizmodo.com. Menurut peneliti tikus di Universitas Helsinski, Finlandia, Toumas Aivelo menyebut bahwa gerakan tikus tidak akan seperti itu. Menurutnya gerakan-gerakan tersebut dilakukan hewan pengerat itu karena sabun yang menempel dibadan Pacarana.

REFERENSI :

https://www.facebook.com/akasoteexcito/videos/1560877244020403/

https://www.youtube.com/watch?v=O6KA1d9FJc4

https://www.snopes.com/rat-showering-like-a-person/

https://gizmodo.com/the-shower-rat-is-very-obviously-not-cl…

http://www.solopos.com/…/ramai-video-tikus-mandi-seperti-ma…

LINK FAFHH ; https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/594156090916930/