[KLARIFIKASI] FOTO SHALAT DI AFGHANISTAN VIRAL, PRESIDEN JOKOWI ANGKAT BICARA

SUMBER : MEDIA DARING

NARASI :
Presiden Joko Widodo : “Yang pertama, itu kan salat zuhur, imamnya dari imam masjid di sana. Kemudian, kita ingin jamak taqdim melanjutkan ke asar, saya maju. Ya biasalah. Apa sih yang diramaikan? Apa?”

PENJELASAN : Viral didunia maya sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo sedang menjadi makmum shalat di Afghanistan. Dalam foto tersebut, terlihat Presiden Jokowi bersama Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani berada di saf makmum pertama.

Menurut laman pencarian, foto tersebut pertama kali dibagikan oleh penyiar TV VOA Afghanistan, Ahmad Fawad Lami, dengan akun twitter bernama @fawadlameh. Pasca muncul ke permukaan, foto tersebut langsung menjadi pertanyaan warganet. Hal itu lantaran dalam video yang disebar oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, menunjukkan jika Presiden Jokowi lah yang menjadi imam shalat.

Hal tersebut lah yang kemudian menjadi tanda tanya besar bagi warganet. Melansir dari detik.com, mereka yang melakukan klarifikasi langsung kepada Presiden Joko Widodo menyebutkan jika kedua foto tersebut memang benar adanya. Presiden Jokowi menjelaskan jika saat itu shalat berjamaah dilakukan sebanyak dua kali.

Shalat pertama dilakukan saat memasuki waktu Dzuhur, dimana saat itu Imam Masjid lah yang menjadi imam shalat. Selanjutnya, karena menempuh perjalanan jauh dan berstatus sebagai Musafir, Presiden Jokowi dan rombongan langsung melanjutkan ke shalat ashar. Presiden Jokowi yang semula berada di saf barisan pertama bersama Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani kemudian maju dan mengambil posisi imam.

REFERENSI :

https://news.detik.com/…/jadi-imam-di-afghanistan-jokowi-bi…

http://nasional.kompas.com/…/cerita-jokowi-jadi-imam-dan-ma…

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/593198407679365/