[INFORMASI & EDUKASI] Dapat Info Hoax Kebakaran, Mobil Damkar Alami Kecelakaan dan Tewaskan 3 Anggota Pemadam

Lagi-lagi orang iseng yang meberikan kabar hoax memakan korban jiwa. Kali ini adalah 3 orang pasukan pemadam kebakaran Poso, Sulawesi Tengah yang tewas dalam kecelakaan tunggal saat menuju lokasi kebakaran di Kelurahan Lawanga, Poso, Selasa (30/1/2018).

Lebih celaka lagi, ternyata informasi kebakaran yang mereka kejar sampai alami kecelakaan itu hanya kabar bohong.

Kabar buruk ini disampaikan oleh akun relawan Pemadam Kebakaran Kota Medan melalui akun resmi mereka, pak.damkar_medan.

“Innaillahi Wainnaillahi Rojiun, Damkar INDONESIA kembali BERDUKA. Mewakili rekan-rekan Pemadam Kebakaran Kota Medan, kami turut berduka cita atas kejadian yang menimpa rekan-rekan damkar di Poso”.

 

 

Menurut informasi dari Relawan Damkar Medan itu ,Selasa, (30/1/2018), sekitar pukul 09.00 WIT terjadi kecelakaan tunggal dan menggugurkan 3 orang dan 1 orang mengalami patah tulang dan luka.

“Semoga amal ibadah rekan kita di terima di sisi Allah SWT. dan diketahui ternyata informasi kebakaran adalah info yang bohongan (palsu),” tulisnya.

Dilaporkan, mobil pemadam tersebut menghindari sepeda motor Jupiter MX. Akibatnya mobil tidak terkendali, kemudian terbalik lalu terseret hingga keluar dari jalan.

Petugas yang menjadi korban adalah Bahram Khan Samudin, Imran Jafar, Fadli Panai, dan Amir Alamri.

 

(KESIMPULAN):

Berdasarkan penjelasan diatas, kabar atau berita hoax memang berdampak sangat berbahaya dan bisa memakan korban jiwa. Untuk itu marilah bersama-sama sadar akan bercandaan berbahaya semacam itu yang akhirnya dapat merugikan orang laiin. Pihak kepolisian juga harus sangat tegas menidak pelaku-pelaku penyebar hoax semacam ini agar tidak kembali terjadi dikemudian hari.

 

REFERENSI:

http://bangka.tribunnews.com/2018/01/31/ngebut-kejar-tkp-mobil-damkar-terguling-3-petugasnya-tewas-ternyata-info-kebakaran-hoax?page=2

https://nasional.tempo.co/read/1055653/3-petugas-pemadam-kebakaran-poso-tewas-saat-bertugas

http://www.grid.id/w-stories-w-news/2018/01/30/tragis-kabar-kebakaran-ternyata-hoax-3-petugas-damkar-malah-tewas-kecelakaan?page=2