[KLARIFIKASI] Pesan Tersembunyi di Google Translate

Sumber: Pertanyaan Auladi Imanur Rafi, Anggota Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax

Narasi:
Auladi menanyakan sebuah gambar yang di dalamnya terdapat beberapa narasi.
Narasi 1:
SATANIC NEW WORLD ORDER
Narasi 2:
Maaf saya sendiri Gak tau kenapa saat coba diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia Tampilannya jadi seperti itu
Narasi 3:
Semoga kita mulai sadar tiada kalimat terbaik selain Dzikir Dan selalu mengingat Allah
Narasi 4:
Assalamualaikum bang, saya kan kurang ngerti bahasa inggris, saya coba pakai google translate, tapi kok artinya malah gini.
Narasi 5:
hell yeah my niggas, we’re going to bomb these bank satanic new world order soon bro
(translate)
Hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha

Penjelasan:
Setelah melalui penelusuran, ternyata gambar tersebut berasal dari sebuah video di Youtube dengan judul ‘Illuminati songs Reversed (Reaction)’ yang dibuat oleh Nicolas Fanelli. Dalam video berdurasi 9:41 detik itu memperlihatkan Nicolas bersama koleganya tengah mendengar lagu-lagu yang ternyata ketika diputar secara terbalik berisikan pesan-pesan tersembunyi atau disebut dengan Backmasking.

Pengertian Backmasking, dilansir dari Wikipedia, adalah teknik perekaman secara terbalik suara dan pesan dalam sebuah track (musik atau rekaman suara) yang diputar seperti biasanya. Backmasking merupakan proses yang amat rumit. Sebab, sisipan pesan tersebut ada dalam susunan fonetik yang terbalik. Biasanya, backmasking ini dilakukan secara tak sadar atau tanpa tujuan tertentu.

Penggunaan Backmasking ini sering dikaitkan dengan cara Iluminati menyampaikan atau mendoktrinasi orang lain secara tersirat. Namun, hal ini belum terbukti kebenarannya.
Bagian narasi kelima dicurigai sebagai bentuk Backmasking dari lagu ‘Baby’ yang ditenarkan oleh Justin Bieber. Mengacu kepada video, bagian yang memperdengarkan Backmasking dari lagu tersebut terdapat pada menit 1:19 hingga 1:30. Menurut klaim gambar, narasi ‘hell yeah my niggas, we’re going to bomb these bank satanic new world order soon bro’ ketika dialihbahasakan menggunakan google translate menjadi tertawaan.

Ketika dicoba dengan menggunakan google translate memang muncul seperti itu. Namun, saat meng-klik bagian arti, terlihat bahwa tawa tersebut merupakan salah satu dari dua arti. Arti keduanya cukup berantakan, yakni ‘hell yeah niggas saya, kita akan mengebom Bank setan agar ini dunia baru segera bro.’

Arti dalam bentuk tawa itu bisa saja terjadi. Sebab, pada google translate memiliki fitur menyarankan arti kata atau kalimat. Fitur itu bisa digunakan oleh semua pengguna google translate. Jadi, siapapun bisa mengedit arti kata atau kalimat, baik dikoreksi menjadi benar atau menjadi sangat keliru.

Sebagai contoh, saya bisa mengubah arti ‘hell yeah my niggas, we’re going to bomb these bank satanic new world order soon bro’ ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘hai.’ Artinya, siapapun bisa mengedit arti kata atau kalimat pada google translate. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa munculnya tertawaan itu merupakan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Susunan kata dalam narasi kelima tersebut bila diartikan secara semantik tidak memiliki makna berarti karena susunannya berantakan.

Kesimpulan:
Berdasarkan penjelasan itu, maka arti narasi ‘hell yeah my niggas, we’re going to bomb these bank satanic new world order soon bro’ menjadi tertawaan merupakan hasil edit oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal itu melihat pada kemungkinan siapapun untuk mengeditnya.
Perihal pesan rahasia berkaitan dengan Iluminati, hal itu belum bisa dibuktikan. Sebab, belum ada penelitian ilmiah secara mendalam terkait Backmasking sebagai sarana memasukkan pesan-pesan Iluminati dalam sebuah lagu.

Referensi:
https://translate.google.co.id/…
https://www.azlyrics.com/lyrics/justinbieber/baby.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Backmasking
https://www.youtube.com/watch?v=Yx98Ala7AK4

Catatan:
Post ini untuk menjawab pertanyaan Anggota Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax.