[HOAX] MALAS KENCING MALAM BISA SEBABKAN SAKIT JANTUNG

SUMBER : WHATSAPP

NARASI :

“JANGAN MALAS UNTUK KENCING MALAM AGAR TIDAK MATI DISERANG JANTUNG BAGI USIA YANG SUDAH MENUA

Satu info kesehatan penting bagi orang awam tentang masalah kencing malam, jantung & penyumbatan pembuluh darah

Masalah kencing malam, jantung & penyumbatan pembuluh darah otak*

Ini adalah pengetahuan penting tentang pencegahan STROKE !!!

Gejala paling umum pada orang tua adalah masalah KENCING MALAM

Karena takut kencing malam hari, orang takut minum air, tak tahu bahwa bila tak minum air sebelum tidur & bangun malam sehabis buang air kecil juga tak minum air, itu adalah PENYEBAB utama penyumbatan pembuluh darah otak dari orang tua di pagi hari.

Sebetulnya, kencing malam bukan masalah kantong kemih, penyebabnya adalah PENUAAN fungsi jantung. Daya hisap darah atrium kanan dari bawah tubuh sudah berkurang.”

PENJELASAN : Beredar informasi melalui pesan berantai whatsapp tentang bahaya orang yang malas buang air kecil pada malam hari. Melalui jejaring media dan whatsapp, pesan singkat tersebut berisi mengenai bahayanya seseorang yang malas buang air kecil pada malam hari. Disebutkan jika, seseorang yang malas buang air kecil akan dengan mudah terkena ancaman penyumbatan jantung dan pembuluh darah otak.

Melansir dari detik.com, diketahui jika informasi tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. Melalui salah satu dokter di Rumah Sakit Mayapada, dr Ayuthia Putri Sedyawan, BmedSc, SpJP, FIHA. Ia memaparkan bahwasanya buang air kecil di malam hari tidak ada hubungannya dengan fungsi jantung pada tubuh.

Dr Ayu memaparkan, porsi terbesar kebutuhan tubuh manusia adalah air, namun hal tersebut tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan penuaan fungsi jantung. Dokter Ayu menambahkan jika terminologi dari penuaan fungsi jantung yang disebutkan dalam pesan tersebut sangatlah tidak sesuai dan rancu.

Namun apabila yang dimaksud si pembuat pesan adalah penurunan fungsi jantung, itu bisa saja disebabkan oleh serangan jantung, aritmia, darah tinggi, penyakit katup, dan lainnya. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri jika kekurangan air putih bisa menyebabkan hal yang berbahaya bagi tubuh, seperti halnya pengentalan darah. Dan tentu saja hal tersebut tidak sama dengan apa yang disampaikan oleh pesan berantai diatas, yang menyebutkan jika malas buang air kecil pada malam hari bisa menyebabkan seseorang terkena serangan jantung.

REFERENSI :

https://health.detik.com/…/sakit-jantung-gara-gara-tak-kenc…

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/592123881120151/