[KLARIFIKASI] BMKG TANGGAPI RAMALAN GEMPA DAN TSUNAMI AKHIR TAHUN DI NTB

SUMBER : SITUS RESMI BMKG
http://www.bmkg.go.id/press-release/…

NARASI : Deputi Bidang Geofisika BMKG, Dr. Muhamad Sadly, M.Eng : “Hal itu karena cakupan dampak bencana yang disebutkan sangat luas dan sulit diterima dalam konsep ilmu kegempaan (seismologi), Hingga saat ini, belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat (kapan, di mana, dan berapa kekuatannya),”

PENJELASAN : Jelang akhir tahun 2017 kemarin, Indonesia terutama wilayah NTB diterpa berita viral yang cukup membuat heboh masyarakat sekitar. Menurut kabar yang beredar, pada akhir tahun 2017 atau lebih tepatnya tanggal 31 desember, wilayah Lombok dan Sumbawa akan dilanda Tsunami dan Gempa.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika kabar mengenai ramalan tersebut bermula dari surat yang dikirimkan oleh pria India bernama Babu Kalayil. Kalayil awalnya mengirim surat kepada Perdana Menteri India bernama Narendra Modi. Dalam suratnya, kalayil mengtatakan jika India dan negara-negara asia lainnya akan dilanda gempa dan tsunami pada Desember 2017.

Namun selang beberapa lama kabar tersebut beredar, BMKG memberikan respon dengan mengatakan jika hal tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Berikut adalah tanggapan resmi yang dikeluarkan oleh BMKG :

PRESS RELEASE BMKG MENANGGAPI RAMALAN
GEMPA DAN TSUNAMI

Menanggapi beredarnya berita terkait isu akan terjadinya gempabumi dan tsunami besar oleh “Babu Kalayil” yang akan melanda negara-negara di wilayah Asia sebelum Desember 2017 yang dilansir oleh berbagai media dan di media sosial, maka bersama ini kami sampaikan tanggapan sebagai berikut:
1. Ramalan tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah karena cakupan dampak bencana yang disebutkan sangat luas dan sulit diterima dalam konsep ilmu kegempaan (seismologi).
2. Indonesia merupakan wilayah yang aktif gempabumi dan memiliki potensi gempabumi yang dapat terjadi kapan saja dan dalam berbagai kekuatan.

3. BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempabumi.

4. Hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempabumi dengan tepat (kapan, dimana dan berapa kekuatannya).

5. Masyarakat dihimbau agar tidak terpancing isu yang beredar tersebut. Apabila ingin mengetahui lebih jelas terkait gempabumi dan tsunami dapat menghubungi kontak center : 021-6546316 atau website resmi di www.bmkg.go.id.

Jakarta, 8 November 2017

DEPUTI BIDANG GEOFISIKA BMKG
Dr. Muhamad Sadly, M.Eng.
Dan bagi masyarakat yang ingin lebih jelas mengetahui info terkait gempa bumi dan tsunami, dapat langsung menghubungi contact center di 021-6546316 atau kunjungi website resmi BMKG yakni www.bmkg.go.id.

REFERENSI :

https://today.line.me/…/Viral+Ramalan+Kiamat+Kecil+yang+Iku…

https://news.detik.com/…/bmkg-tepis-ramalan-babu-kalayil-so…

http://style.tribunnews.com/…/viral-ramalan-kiamat-kecil-ya…

http://www.wajibbaca.com/…/ramalan-akhir-tahun-2017-kiamat-…

http://sains.kompas.com/…/ramalan-gempa-dan-tsunami-akhir-2…

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/579659295699943/