[HOAX] “Ustadz Abdul Somad Dihadiahi Mobil Alphard”

“Panitia Peringatan 13 Tahun Tsunami Aceh dengan tema “Selaras Menuju Sirathal Mustaqim”, Muhammad Balia menyatakan mobil Alphard putih itu sejatinya digunakan untuk menjemput ustaz Abdul Somad. “Itu bukan mobil disumbang Ustaz Somad, itu hoax itu. Ada berita di Facebook katanya Ustaz Somad kasih mobil mewah. Itu bukan,” ungkap Balia kepada kumparan, Kamis (28/12). Balia menambahkan bahwa tak hanya Ustaz Abdul Somad yang mendapatkan sambutan dengan mobil mewah. Setiap ulama yang datang ke Aceh, akan disambut dengan sedemikian rupa. “Biasanya kita kalau ada tamu-tamu ulama,” tambah dia.”

 

SUMBER
https://web.facebook.com/desainerwebsite/posts/10212172352688340

NARASI
“Hadiah mobil Alphard ini diberikan kepada Ustad Abdul Somad dari seorang saudagar kaya di Aceh yg sangat mengagumi UAS. Hadiah ini diberikan mengatasnamakan seluruh masyarakat Aceh. Fakta sejarah bahwa jangankan mobil mewah, emas Monas seberat 32 kg dan pesawat pertamapun pernah diberikan rakyat Aceh kepada pemerintah Indonesia. Rakyat Aceh sejak dulu memang dikenal dermawan dan menghargai para ulama.”.

PENJELASAN
Diketahui informasi Ustadz Abdul Somad dan mobil Alphard BL 1 UAS juga turut diposting oleh aktor Ayat Ayat Cinta (AAC) 2 yang juga mantan VJ MTV, Arie Untung. Mantan vokalis Taboo itu memposting foto mobil Alphard tersebut melalui akun instagramnya @ariekuntung dengan narasi:
“Alhamdulillah ulama Allah yg ikhlas, menghasilkan ummat yg ikhlas, dng banyaknya tekanan buat @ustadzabdulsomad namun diterima secara ikhlas, ummat berlomba menjadi kepanjangan tangan Allah untuk mempermudah dakwah ustadz dengan penuh ke ikhlasan. Hikmah langsung dari Surat AL IKHLAS, sebuah penggambaran tulus bahwa dari 4 ayat tsb tidak ada satupun kata2 ikhlas didalamnya. Barakallah @ustadzabdulsomad semoga sehat selaiu Aamiin,” tulis @ariekuntung.
Dari narasi @ariekuntung yang tidak dengan tegas menyatakan mobil Alphard tersebut adalah hadiah untuk Ustadz Abdul Somad, membuat netizen di media sosial banyak berasumsi tentang mobil tersebut. Diantaranya pada akun facebook Teuku Andriansyah.
Namun informasi Ustadz Abdul Somad menerima hadiah mobil Alphard B 1 UAS ini tidak benar adanya. Panitia Peringatan 13 Tahun Tsunami Aceh dengan tema “Selaras Menuju Sirathal Mustaqim”, Muhammad Balia menyatakan mobil Alphard putih itu sejatinya digunakan untuk menjemput ustaz Abdul Somad.
“Itu bukan mobil disumbang Ustaz Somad, itu hoax itu. Ada berita di Facebook katanya Ustaz Somad kasih mobil mewah. Itu bukan,” ungkap Balia kepada kumparan, Kamis (28/12).
Balia menambahkan bahwa tak hanya Ustaz Abdul Somad yang mendapatkan sambutan dengan mobil mewah. Setiap ulama yang datang ke Aceh, akan disambut dengan sedemikian rupa.
“Biasanya kita kalau ada tamu-tamu ulama,” tambah dia.
Tentang pemilik mobil tersebut masih menjadi misterius. Namun, Balia mengungkapkan bahwa itu merupakan mobil kawannya dari Aceh.
“Itu mobil kawan-kawan saya juga. Tapi saya lupa namanya. Soalnya setiap ulama hadir banyak masyarakat yang hadir membantu kita untuk mengantar jemput ulama-ulama yang ke Aceh. Misalnya ustaz Somad. Banyak mobil-mobil Alphard di Aceh yang bersedia membantu menjemputi ketika ulama-ulama tersebut hadir. Apalagi sekelas Ustaz Somad ya,” pungkasnya.

REFERENSI
(1) https://kumparan.com/@kumparannews/alphard-bl-1-uas-ternyata-bukan-milik-ustaz-abdul-somad
(2) https://www.instagram.com/ariekuntung/

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/577329912599548/