[KLARIFIKASI] “Nama Gubernur Bali Dicatut dalam Seminar Pesona Wisata Halal”

“Senada dengan Gubernur Bali, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Dewa Gede Mahendra menegaskan bahwa Dinas Pariwisata Pemprov Bali, Management Hotel dan Gubernur Bali menyatakan tidak ada acara tersebut.
“Tak benar Hoax itu setelah dicek, saya cek itu ditempatnya (Prama Hotel Sanur) dicari tidak ada juga kegiatan itu. Dinas Pariwisata sudah saya koordinasi tak ada juga kegiatan ini. Jadi itu mau Hoax atau mau apa namanya tidak benar, saya sudah bikin rilis bahwa tidak bener berita itu, hati-hati,” Selasa, (21/11/2017).”

 

SUMBER
Facebook Gubernur Bali, Made Mangku Pastika (https://www.facebook.com/mdmangkupastika/posts/888936634598624).

NARASI
“Selamat Malam Krama Bali.
Saya menyayangkan atas beredarnya gambar ini. Saya perlu klarifikasi bahwa tidak ada satupun agenda saya untuk menjadi Keynote Speaker dalam Pesona Wisata Halal tersebut.
Saya menghimbau kepada pihak yang menyelenggrakan untuk melakukan koreksi secepatnya agar tidak menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.
Terimakasih,”.

PENJELASAN
Ketika tampilan gambar postingan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika diambil, netizen telah membagikannya sebanyak 329 kali.
Senada dengan Gubernur Bali, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Dewa Gede Mahendra menegaskan bahwa Dinas Pariwisata Pemprov Bali, Management Hotel dan Gubernur Bali menyatakan tidak ada acara tersebut.
“Tak benar Hoax itu setelah dicek, saya cek itu ditempatnya (Prama Hotel Sanur) dicari tidak ada juga kegiatan itu. Dinas Pariwisata sudah saya koordinasi tak ada juga kegiatan ini. Jadi itu mau Hoax atau mau apa namanya tidak benar, saya sudah bikin rilis bahwa tidak bener berita itu, hati-hati,” Selasa, (21/11/2017).
Narasi dari poster yang mencatut nama Gubernur Bali tersebut, sebagai berikut;
Pesona Wisata Halal
“SAATNYA INDONESIA DENGAN PARIWISATA HALAL DIGITAL”
BALI, 12-14 DESEMBER 2017
SEMINAR, PAMERAN & FAMTRIP
PRAMA HOTEL, SANUR-BALI 12 DESEMBER 2017
KEYNOTE SPEAKER:
ARIEF YAHYA (MENTERI PARIWISATA)
I GEDE MANGKU PASTIKA (GUBERNUR BALI)
NARA SUMBER
Kementerian Pariwisata Indonesia
Pelancongan Negeri Johor Malaysia
Japan National Tourism Organization
Praktisi Halal Travel Konsorsium (HTK)
Praktisi Lembaga Sertifikasi Halal
Praktisi Hotel Halal
Sucofindo
BPJPH
DIHADIRI
Perwakilan Negara Tetangga
KA Dinas Pariwisata Seluruh Indonesia
Pebisnis Wisata Halal

REFERENSI
(1) http://bali.tribunnews.com/2017/11/21/beredar-foto-gubernur-bali-jadi-pembicara-wisata-halal-pastika-tidak-ada-satupun-agenda-saya?page=all
(2) https://www.jawapos.com/baliexpress/read/2017/11/20/28113/gubernur-pastika-dicatut-dalam-seminar-pesona-wisata-halal

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/559890444343495/