[HOAX] “Penjahat Gunakan Spray Bius Untuk Lumpuhkan Korban”

“Setelah ditelusuri lebih lanjut, melansir dari jawapos.com, menurut Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera, kejahatan seperti yang dikatakan pesan tersebut tidaklah pernah terjadi di wilayah Jatim alias HOAX. Frans menyayangkan adanya pesan tersebut dan menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menerima informasi.”

 

SUMBER
Media sosial dan Whatsapp.

NARASI
“Himbauan
Mohon teman2 yang menggunakan kendaraan roda 2 bilamana parkir supaya helm jgn ditaruh begitu saja, apalagi saat ke ATM. Modus baru pelaku memperdaya korban dgn cara sprey/disemprotkan pd busa helm/bius. Begitu korban mengendarai motornya tdk lama dia akan jatuh pingsan hingga pelaku dgn mudah mengambil motor dan harta benda lainnya.
Silakan sebarkan di group wa
copasgrup relawan.
Kisah nyata di daerah probolinggo, delta mas dan surabaya, Malang, Batu, Blitar sepulangnya dari ATM.”.

PENJELASAN
Seiring berjalannya waktu, tindak kejahatan di Indonesia memang beragam. Namun tak jarang hal tersebut justru memunculkan berita-berita karangan yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab agar menimbulkan keresahan di masyarakat. Seperti halnya pesan singkat yang menyebutkan adanya modus kejahatan menggunakan spray bius yang dapat dengan seketika melumpuhkan korbannya.
Tak hanya melalui whatsapp, pesan tersebut juga disebarkan melalui media-media sosial seperti facebook, dan juga instagram. Menurut pesan yang ada, pengguna diharap berhati-hati saat ingin memarkirkan kendaraan dan meletakkan helm mereka. Nantinya si penjahat akan menyemprotkan obat bius hirup yang dapat membuat korban pingsan kemudian terjatuh saat mengendarai motor.
Setelah ditelusuri lebih lanjut, melansir dari jawapos.com, menurut Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera, kejahatan seperti yang dikatakan pesan tersebut tidaklah pernah terjadi di wilayah Jatim alias HOAX. Frans menyayangkan adanya pesan tersebut dan menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menerima informasi.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/read/2017/11/18/169169/wow-penjahat-sekarang-pakai-spray-bius

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/559905797675293/

 

 

About Levy Nasution 388 Articles
Journalist, traveller