[HOAX] “Tanda Kiamat Air Menjadi Api”

“Fakta yang ditemukan tentang video ini adalah ada sebuah video yang diunggah di Youtube oleh uploader bernama Bassem Jaber pada tanggal 19 April 2014. Dalam deskripsinya dituliskan bahwa Sungai Dajla berapi hari itu diakibatkan mafia minyak membakar minyak yang mereka bawa saat melarikan diri dari pengejaran pihak berwajib yang sudah mengepung.
Yang menguatkan informasi dalam deskripsi unggahan Youtube ini adalah suara kendaraan bermotor yang lalu lalang serta arah arus yang bergerak ke kiri. Artinya, cukup meyakinkan bahwa itu sungai. Sesuai dengan judul.
Halaman bernama Ustad Arifin ILHAM ini bukan akun terverifikasi. Bisa dibilang palsu. Saat disearch, muncul akun lain yang terverifikasi.”

 

SUMBER
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1658072790919055&id=978130615579946, telah dibagikan sebanyak lebih dari lima ribu kali saat tangkapan layar dibuat.

NARASI
“Tanda kiamat air menjadi api… Ya Allah haramkanlah neraka atas jasadku, kedua orangtuaku, dan semua yg mengucap Aamiin dikomentar.. Sdh Nonton komen aamiin N Share ya…”.

PENJELASAN
Fakta yang ditemukan tentang video ini adalah ada sebuah video yang diunggah di Youtube oleh uploader bernama Bassem Jaber pada tanggal 19 April 2014. Dalam deskripsinya dituliskan bahwa Sungai Dajla berapi hari itu diakibatkan mafia minyak membakar minyak yang mereka bawa saat melarikan diri dari pengejaran pihak berwajib yang sudah mengepung.
Yang menguatkan informasi dalam deskripsi unggahan Youtube ini adalah suara kendaraan bermotor yang lalu lalang serta arah arus yang bergerak ke kiri. Artinya, cukup meyakinkan bahwa itu sungai. Sesuai dengan judul.
Lihat video nya di:
https://youtu.be/4KdptM-3sHA
Fakta lain adalah, air yang terkena panas akan menghasilkan uap air yang berwarna putih. Jika benar itu air yang menjadi api, tentu dalam prosesnya ada air yang terpapar panas kemudian menguap. Hasilnya kepulan uap berwarna putih, tidak seperti dalam video yang terlihat hitam.
Lain halnya jika minyak yang terbakar. Hasilnya kepulan asap berwarna hitam. Ini sesuai dengan info yang ditulis dalam unggahan di Youtube di atas.
Lihat percobaan air yang terkena panas di:
https://youtu.be/G3B7tSQePJI
Halaman bernama Ustad Arifin ILHAM ini bukan akun terverifikasi. Bisa dibilang palsu. Saat disearch, muncul akun lain yang terverifikasi.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/559118194420720/