[KLARIFIKASI] HOAX “CTO TRAVELOKA MENDUKUNG AKSI WALKOUT ANANDA SUKARLAN DI ACARA KOLESE KANISIUS”

“Kesimpulan: HOAX karena CTO Traveloka tidak hadir di acara tersebut”

 

Beredar isu di media sosial bahwa CTO Traveloka yaitu Derianto Kusuma, hadir di acara ulang tahun Kolese Kanisius dan mendukung aksi walk out yang dilakukan oleh Ananda Sukarlan. Isu ini selain diseret ke politik juga diseret ke ranah agama dimana Derianto dianggap menyakiti perasaan umat muslim. Hal ini menyebabkan beredarnya ajakan boikot dan uninstall Traveloka.
Saya tidak tahu siapa yang pertama kali menyebarkan isu ini di media sosial (mungkin teman-teman bisa bantu?)
Salah satu situs opini portal islam menuliskan bahwa saat itu Derianto berdiri dari kursi VIP dan menyalami Ananda usai pidato. Situs ini juga melansir dari detikinet bahwa Derianto memberikan ucapan selamat atas aksi Ananda Sukarlan.
http://www.portal-islam.id/2017/11/buntut-wo-pidato-anies-publik-rame-rame.html
Hal ini sudah dibantah oleh Traveloka, yang menyatakan bahwa saat itu CTO Traveloka yaitu Derianto Kusuma tidak hadir di acara tersebut karena sedang ada perjalanan dinas.
Sumber:
https://kumparan.com/jofie-yordan/kabar-cto-traveloka-walk-out-saat-gubernur-anies-pidato-ternyata-hoax
—–
Sumber Kumparan.com:
Pihak Traveloka telah mengonfirmasi jika Derianto tidak hadir dalam acara peringatan ke-90 tahun Kanisius pada Sabtu (11/11) lalu. Diketahui, Derianto memang diiundang untuk menghadiri acara tersebut karena ia mendapatkan penghargaan sebagai salah satu alumnus Kanisius yang berprestasi.
“Kami turut berbangga bahwa salah satu pendiri kami Bapak Derianto Kusuma, menerima penghargaan dari Alumni Kanisius. Akan tetapi beliau berhalangan hadir dikarenakan beliau sedang melakukan perjalanan dinas yang telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya,” tulis pernyataan resmi Traveloka.
—–
Kesimpulan: HOAX karena CTO Traveloka tidak hadir di acara tersebut

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/556262811372925/