[BERITA] “‘Fake news’ becomes a business model: researchers”

http://www.thejakartapost.com/amp/life/2017/11/16/fake-news-becomes-a-business-model-researchers.html

‘Fake news’ menjadi model bisnis: peneliti
Meja Berita | AFP | Washington
Jakarta, posted: Thu, 16 November 2017 | 09:30 WIB
Hoax. (Shutterstock / File)
Penjahat cyber telah memanfaatkan gagasan “berita palsu” dan mengubahnya menjadi model bisnis yang menguntungkan, dengan layanan mulai di bawah $ 10, kata periset keamanan, Kamis.
Firma keamanan online Digital Shadows merilis sebuah laporan yang menyoroti layanan yang ditujukan untuk menciptakan situs media palsu, ulasan palsu dan media sosial “bots” atau akun otomatis untuk mempromosikan atau merendahkan produk dan layanan komersial.
Salah satu metode yang digunakan adalah membuat situs media palsu atau “palsu” yang dirancang agar terlihat seperti organisasi berita yang sah. Para peneliti menemukan sekitar 2.800 situs “spoof hidup”.
Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah satu huruf di alamat web untuk membuat tiruan “palsu” dari situs organisasi berita yang sah.
Beberapa penjahat menggunakan metode yang sama dengan propagandis berbasis Rusia – memodifikasi dokumen yang sah dan membocorkannya sebagai bagian dari kampanye yang tidak disinformasi, kata laporan tersebut.
“Seperti berita bagus lainnya, konten akan dibagi, disukai, diposkan ulang dan didistribusikan ke berbagai platform dan saluran yang berbeda,” kata laporan tersebut.
“Semakin banyak disinformasi yang bisa menyebar, semakin baik peluang untuk menangkap imajinasi publik dan mencapai tujuannya – apakah itu untuk mendiskreditkan lawan, menabur perselisihan atau untuk menghasilkan keuntungan.”
Sementara penggunaan alat-alat ini dalam kampanye politik telah menjadi perhatian yang berkembang, metode yang sama dapat digunakan untuk keuntungan, menurut laporan tersebut.
“Ketersediaan alat yang ada berarti penghalang masuk lebih rendah dari sebelumnya,” kata Rick Holland, wakil presiden strategi di Digital Shadows.
“Ini berarti sekarang ini melampaui kepentingan geopolitik terhadap kepentingan finansial yang mempengaruhi bisnis dan konsumen.”
Holland mengatakan “tool kit” tersedia di atas dasar percobaan hanya dengan $ 7 untuk mengendalikan aktivitas media sosial bot.
Pengecer juga menjadi target, dengan satu layanan yang menawarkan peringkat, ulasan, suara, daftar pengoptimalan dan promosi penjualan Amazon dengan harga mulai dari $ 5 untuk ulasan yang belum diverifikasi sampai $ 500 untuk pengikut bulanan.
Masih ada layanan lain yang melarang manfaat kripto-mata uang untuk menaikkan harga, serupa dengan penipuan “pompa dan dump” saham, kata laporan tersebut.
Banyak dari layanan ini diiklankan di “web gelap” anonim yang pengguna sulit dilacak, menurut Holland.
Tapi ada pula yang diiklankan secara terbuka sebagai alat pemasaran, katanya.
Holland mengatakan bahwa informasi yang salah telah ada sejak lama, tapi “apa yang telah berubah di dunia digital adalah kecepatan teknik semacam itu menyebar ke seluruh dunia.” (Google Translate, https://goo.gl/kd9DV7).

“‘Fake news’ becomes a business model: researchers
News Desk | AFP | Washington
Jakarta, posted: Thu, November 16, 2017 | 09:30 pm
Hoax.(Shutterstock/File)
Cyber criminals have latched onto the notion of “fake news” and turned it into a profitable business model, with services starting at under $10, security researchers said Thursday.
The online security firm Digital Shadows released a report highlighting services aimed at creating bogus media websites, fake reviews and social media “bots” or automated accounts to promote or denigrate commercial products and services.
One of the methods used is creating bogus or “spoofed” media websites designed to look like those of legitimate news organizations. The researchers uncovered some 2,800 “live spoof” sites.
This can be done by changing a single letter in a web address to create a fake “clone” of a legitimate news organization site.
Some criminals use the same methods as Russia-based propagandists — modifying legitimate documents and leaking them as part of disinformation campaigns, the report said.
“Like any good news story, content will be shared, liked, reposted and distributed across many different platforms and channels,” the report said.
“The more widely a piece of disinformation can be spread, the better the chances of it capturing the public imagination and achieving its objective — whether that is to discredit an opponent, sow discord or to generate profit.”
While the use of these tools in political campaigns has become a growing concern, the same methods can be used for profit, according to the report.
“The sheer availability of tools means that barriers to entry are lower than ever,” said Rick Holland, vice president of strategy at Digital Shadows.
“It means this now extends beyond geopolitical to financial interests that affect businesses and consumers.”
Holland said “tool kits” are available on a trial basis for as little as $7 to controls the activities of social media bots.
Retailers are also a target, with one service offering Amazon ranking, reviews, votes, listing optimization and selling promotions at prices from $5 for an unverified review to $500 for a monthly retainer.
Still other services tout the merits of crypto-currencies to push up the price, similar to stock “pump and dump” scams, the report said.
Many of these services are advertised on the anonymous “dark web” where users are difficult to trace, according to Holland.
But some are openly advertised as marketing tools as well, he said.
Holland said misinformation has been around for a long time but that “what has changed in the digital world is the speed such techniques spread around the world.” (Bahasa asli).