(HOAX) Demo dan Konflik antara Ojek Online dengan Angkutan Umum di Bandung

Beredar pesan berantai di aplikasi WhatsApp dan media lainnya yang menyebutkan adanya demo dan konflik yang terjadi antara pengendara ojek online dengan angkutan umum di Bandung, Jawa Barat. Pesan tersebut berisi seperti dibawah ini.

“Prediksi Besok Bandung kota. Besok Di sinyalir ada Dua Kubu besar 1.Demo lg besar”an 2.Ojek Online gabungan Mau Kumpul Minta Tggung jawab ke kubu Angkot Gabungan, Soalnya Di jl.bkr Grab ojek Di Tabrak Sngaja sampe Mati, Di buah batu grab Mati Jg Di Tabrak Angkot, Di karapitan Grab jg Di Gebukin Angkot, Ada jg ojek online Yg Hilang Ga ada kabar. Trakhir Aktif Aplikasi di Area konflik karapitan jg,,! Info terkini, malam ini para Online lg kumpul di gedung sate,, Besok Bakal Datang Dari cimahi ojek Online skitar 1000 orang Dari jakarta 500 orang, Mau ke Bandung,, Blm dari Yg Lain,,,,, besok jgn main hp Di Motor atau di Pinggir jln,, takut Di kira Ojek online, Besok Udah Ga ada Tanya tanya lg,, Maen Sikat langsung!! Hatur Nuhun,,,”

Menanggapi hal tersebut, Kasubag Humas Polrestabes Bandung, Kompol Shanti, menjelaskan bahwa info tersebut adalah berita bohong (hoax). “Itu hoax, kami sudah memposting di instagram Polrestabes Bandung,” ujar Shanti, Rabu (11/10).

Selain itu, Kompol Shanti menegaskan, informasi di atas adalah informasi yang sudah pernah beredar sebelumnya. “Ini informasi lama dan sudah dipastikan hoax,” katanya.

Lebih jauh Kapolres Bandung, Hendro Pandowo pun meminta kepada seluruh pihak agar tidak menyebarkan berita hoax tersebut. “Dimohon kepada masyarakat untuk tidak percaya dengan informasi tersebut dan tidak menyebarkannya, karena dipastikan kabar tersebut Hoax,” tukasnya.

 

(CATATAN):

Klarifikasi juga telah dilakukan oleh Polres Bandung, melalui akun instagramnya POLRESTABESBANDUNG. Info hoax ini muncul beriringan dengan Dishub Jawa Barat yang mengeluarkan kebijakan terkait larangan beroperasinya transportasi online mulai 6 Oktober 2017, hingga ada peraturan baru nantinya.

 

REFERENSI:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/539713273027879/

http://jabar.tribunnews.com/2017/10/11/hoax-ribuan-sopir-taksi-online-akan-berkumpul-di-bandung

https://news.detik.com/berita/d-3679099/ojek-online-dan-angkot-di-bandung-akan-bentrok-hari-ini-benarkah?single=1

http://www.galamedianews.com/bandung-raya/164572/hari-ini-demo-besarbesaran-sopir-angkot-dan-pengemudi-ojek-online-hoax.html

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171010152820-384-247416/dishub-jabar-resmi-larang-transportasi-online-beroperasi/