[HOAX] Kartu Askes Tidak Berlaku per 1 Oktober 2017

SUMBER: Media Sosial

NARASI:
BPJS Kesehatan
Yth. Bpk/Ibu yg mempunyai kartu Askes mohon di perbarui segera dgn diganti dgn kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) warna hijau putih Krn mulai bulan Oktober scr bertahap kartu lama mulai nggak berlaku.
Syarat penggantian
1. Kartu Jamkesmas warna biru abu abu :
Copy KTP, copy KK, copy kartu jamkesmas + ASLINYA
2. Kalo Askes kuning pensiunan :
Copy SK pensiun, copy KARIP, daftar gaji taspen, copy KTP, copy KK, copy kartu askes + aslinya
3. Untuk Askes PNS aktif :
Copy SK terakhir, copy KP4, copy daftar gaji ledger, copy KTP, copy KK, copy kartu askes + aslinya
Monggo Bpk/Ibu yg punya segera di perbarui di kantor BPJS setempat , scr bertahap mulai Oktober kartu lama nggak berlaku

Penjelasan : Beredarnya pesan berantai yang menyesatkan di media sosial pada pengujung akhir september lalu tentang kabar kartu Askes yang tidak berlaku per 1 Oktober. Kabar tersebut membuat masyarakat khawatir kartu yang dipegangnya tidak berlaku lagi.
Hal tersebut dibantah oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Kota Yogyakarta, dr Fatma Kurniawati.
Dikutip dari Tribun Jogja, Ia menegaskan bahwa kartu Askes tetap bisa digunakan hingga Oktober dan yang harus segera diganti adalah kartu Jamkesmas yang berwarna biru untuk kemudian diganti menjadi kartu JKN KIS.
“Kalau yang kartu Jamkesmas warna biru, harus segera diganti. Tapi kalau kartu Askes warna kuning, yang dipegang oleh PNS aktif atau kartu JKN yang warnanya abu-abu yang listnya biru dan hijau itu masih dapat digunakan tapi secara bertahap akan dilakukan penggantian bertahap melalui Satker. Misalkan guru, maka Satkernya di Dinas Pendidikan. Nantinya diganti ke kartu JKN KIS,” terangnya kepada Tribun Jogja, Rabu (27/9/2017).
Pihak BPJS Kesehatan RI melalui akun resmi twitternya langsung mengklarifikasi desas-desus kabar burung itu.
“Informasi tersebut tidak benar. Tidak ada kebijakan bahwa kartu lama sudah tidak berlaku di Oktober.-RA,” tulis akun twitter BPJS Kesehatan RI.

REFERENSI:
1. http://jogja.tribunnews.com/2017/09/27/kartu-askes-tidak-berlaku-per-1-oktober-2017-ini-faktanya
2. https://twitter.com/BPJSKesehatanRI

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/539323956400144/