(HOAX) Foto Tangkapan Layar Berita Munarman Dengan Narasi Provokatif

Sumber: Media Sosial

Narasi:

Narasi terbagi dua, pertama pada postingan akun Sumanto Al Qurtuby dan kedua di dalam foto salah satu tokoh Front Pembela Islam.

Narasi 1:

Makhluk kayak begini ini yang mengotori Indonesia, Islam dan kaum Muslim. Kalau kalah ngamuk bawa-bawa pedang dan panci. Seenak wudelnya sendiri. Dikit-dikit main teror. Dikit-dikit bawa nama Islam. Dikit-dikit mengatasnamakan umat Islam. Umat Islam lambemu ndower Mat.

Narasi 2:

Munarman (FPI), Jika Habib Rizieq ditahan, umat islam seluruh Indonesia menyatakan perang terhadap pemerintah Indonesia.

Penjelasan:

Penelusuran asal foto tersebut dilakukan oleh tim Indonesian Hoaxes. Berdasarkan penelusuran, dengan memasukkan keyword “Munarman FPI Tempo” di mesin pencari, Google, tim Indonesian Hoaxes tidak menemukan adanya berita dengan judul seperti pada narasi 2. Namun, tim Indonesia Hoaxes menemukan adanya kemiripan tampilan di gambar tersebut dengan berita dari portal daring Tempo berjudul ‘Bos FPI Diperiksa Kasus Munarman, Polisi: Bisa Ada Tersangka.’

Dari pencarian tersebut, dalam laman portal Tempo, berita yang memuat nama Munarman terakhir diposting tanggal 1 April 2017. Dari hasil temuan ini, tim Indonesian Hoaxes mendapatkan kesimpulan bahwa apa yang ditampilkan di gambar tersebut hanyalah editan yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan temuan tim Indonesian Hoaxes, maka dapat dikatakan bahwa foto tersebut bukan tangkapan layar dari berita yang benar-benar ada. Maka, postingan tersebut masuk kategori hoax.

Referensi:

https://nasional.tempo.co/read/845188/bos-fpi-diperiksa-kasus-munarman-polisi-bisa-ada-tersangka

https://www.facebook.com/TurnBackHoax/photos/pcb.1477673545618504/1477673505618508/?type=3&theater&ifg=1