(DISINFORMASI) Tidak Ada Organisasi Asosiasi Pengusaha Indonesia Taiwan (APIT)

Sumber: Media Sosial

(https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=409835632724588&id=100010944644711)*

Narasi:

Akun atas nama Marfu Marfuah memposting foto karangan bunga ucapan terima kasih Asosiasi Pengusaha Indonesia-Taiwan (APIT) disertai narasi berikut:

Konfirmasi. ….

Saya bagian dari APIT.

APIT bukan dari singkatan ASOSIASI PENGUSAHA INDONESIA TAIWAN. Yang benar adalah ASOSIASI PEKERJA INDONESIA TAIWAN …..Saya bnyk d konfirmasi olh teman-teman tentang kiriman bunga ini…Helooo. …Kami APIT TIDAK PERNAH MENGIRIM BUNGA UNTUK AHOK DJAROT. …please jangan mengada-ada….

Kalopun di taiwan ada komunitas organisasi pengusaha. Iyya memang ada tapi namanya bukan APIT. Saya juga tinggal di Taiwan juga kelless jadi saya tahu…Dan Nama organisasi nya itu”Bussines Enterpreneurs Orang Indonesia di Taiwan (BEOIT) “,sy tahu di sini para pengusaha indo pada berkomunitas di sini tp ndak ada yg namanya APIT. karena gue bagian dari anggota enterpreneurs muda Orang Indo di taiwan yg selalu ikut serta workshop the program jd gue tahu banyak organisasi or community di sini….. ? ? ?

Bantu share biar Yg buat ni bunga jgn asal buat

Penjelasan:

Setelah melakukan penelusuran, didapati memang ada Asosiasi Pengusaha Indonesia Taiwan (APIT). Hal itu diketahui melalui adanya respon dari akun Ana Sanchong yang langsung melakukan klarifikasi. Berikut klarifikasi tersebut:

[…]Ini harus diluruskan.. 🙂

Kata mba Marfuah, gak ada organisasi atas nama “Asosiasi Pengusaha Indonesia Taiwan” tapi yg ada katanya “Asosiasi Pekerja Indonesia Taiwan”

Aku sih gak nyalahin mbak ini ya.. Mungkin dia benar2 gak tahu.. Tapi tetap harus diluruskan biar gak jadi fitnah.. 🙂

Hampir seluruh toko Indonesia yang ada di Taiwan itu tergabung dalam “Asosiasi Pengusaha Indonesia Taiwan” (APIT). Mulai dari Taipei, New Taipei City, Taoyuan, Taichung, Tainan, Kaoshiung, Hualien, Chiayi, dan kota2 lainnya. Jadi organisasi ini memang ada, dan saya pernah jadi MC diacara mereka 🙂

Dan organisasi ini memang mengirim karangan bunga ke Pak Ahok di balai kota Jakarta 🙂

Sekian

Terimakasih 🙂

* Yang pernah hadir diacara APIT bisa koment foto2nya ya. Maturnuwun ?[…]

Klarifikasi tersebut menyertakan beberapa tangkapan layar Fanpage APIT dan kegiatannya. Penelusuran melalui Facebook pun telah dilakukan dan memang ditemukan Fanpage tersebut. Dalam Fanpage tersebut, terlihat memang APIT aktif melakukan kegiatan. Dengan demikian, organisasi APIT itu benar adanya.

Kembali kepada klaim Mahfu yang mengatakan dirinya adalah anggota APIT, setelah melakukan penelusuran, ternyata Mahfu bukan anggota APIT namun IPIT (Ikatan Pekerja Indonesia Taiwan). Dengan demikian, klaim Mahfu bahwa APIT adalah kepanjangan dari Asosiasi Pekerja Indonesia Taiwan keliru. Jadi, klaim Mahfu tersebut dapat dikategorikan disinformasi.

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/460086627657211/

https://www.facebook.com/ana.sanchong/posts/1890005734359108

https://www.facebook.com/APIT2015/

https://www.facebook.com/marfu.marfuah.3?hc_ref=ARTZHwsLow1S4p1pfdFFfo0DvHzAvwXLQwB3nq4RvdBccwECt_DfRW6cyzfL6zotKQI&fref=nf

https://buruhmigran.or.id/2012/11/05/tka-tki-taiwan-tolak-penurunan-upah-minimum-dan-diskriminasi-buruhmigran/

*Catatan: Postingan Mahfu tersebut telah dihapus oleh yang bersangkutan. Sebab, postingan itu sudah tidak ada.