(HOAX) Ahok Diminta Menjadi Walikota Berlin

Sumber: Portal Daring

(http://www.pustakanews.com/2017/04/german-siapkan-transisi-ahok-untuk-jadi.html?m=1)*

(https://www.harianpublik.com/2017/04/german-siapkan-transisi-ahok-untuk-jadi.html?m=1)*

(http://www.suarankri.net/2017/04/german-siapkan-transisi-ahok-untuk-jadi.html?m=1)*

Narasi:

Ketiga portal dari tersebut memberitakan mengenai Jerman yang tertarik untuk menjadikan Basuki Tjahaja Purnama, Calon Gubernur DKI Jakarta Petahana, sebagai Walikota Berlin bila kalah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Pemberitaan tersebut disertai foto Ahok, sapaan karib Basuki, dengan seorang pejabat dari Jerman.

Penjelasan:

Isi dari pemberitaan ketiga portal tersebut tidak ditemukan sumbernya. Bahkan, dilacak di media terpercaya tanah air ataupun portal milik Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia tidak ditemukan pernyataan dari Pemerintah Jerman ingin menaturalisasi Ahok sebagai Walikota Berlin.

Perihal foto, Ahok memang sempat bertemu dengan Duta Besar Jerman, Georg Witschel, pada 26 Juni 2015 di Balaikota. Namun, pertemuan itu tidak membahas mengenai tawaran kepada Ahok untuk menjadi Walikota Berlin. Pertemuan itu membahas tentang German Season yang akan diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Jadi, tidak ada kaitannya foto tersebut dengan klaim yang diangkat ketiga portal daring tersebut, yakni wacana Ahok menjadi Walikota Berlin. Dengan demikian, kabar tersebut dikategorikan sebagai hoax.

Referensi:

http://www.beritajakarta.id/potret/album/1302/Basuki_Menerima_Kunjungan_Dubes_Jerman#.Wm7BsqiWY2w

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/459900171009190/

*Catatan: ketiga portal sumber tersebut sudah mati dan tidak bisa dibuka.