[HOAX] Sweeping Etnis China di Singkawang Kalimantan Barat

Sumber : Media Sosial

Narasi :

Dipicu dari kasus Ahok sweping etnis cina mulai terjadi di kalimantan… ??

Penjelasan & Fakta :

Kapolda Kalbar menjamin bahwa Kota Singkawang dalam keadaan kondusif, daerah Kalimantan Barat meminta agar masyarakat tidak terpancing dengan viral video sweeping di Kota Singkawang. Saat ini, situasi Kota Singkawang normal dan aman terkendali.

“Video yang beredar itu tentang aksi massa salah satu pasangan calon dalam pemilihan Wali Kota Singkawang. Mereka kecewa karena pasangan calon yang didukung, Moses Ahie-Amir Fatah, tidak lolos pilkada Singkawang,” kata juru bicara Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Komisaris Besar Suhadi S.W., Jumat, 25 November 2016.

Suhadi mengatakan massa melakukan aksi yang dimulai di kantor KPU Kota Singkawang, Selasa, 22 November 2016. Aksi ini dilakukan setelah pasangan Moses Ahie-Amir Fatah dinyatakan tak lolos pemilihan kepala daerah Singkawang. Setelah itu, aksi massa dilanjutkan ke arah Tugu Naga di Jalan Niaga.

Di tempat itu, terjadi perusakan patung naga. Polisi mengidentifikasi kerusakan di tugu naga yakni pemecahan lampu-lampu. Patung tugu naga juga mengalami kerusakan. Seluruh rangkaian aksi tersebut sempat direkam dan menyebar melalui jejaring media sosial.

Referensi : https://nasional.tempo.co/read/823211/singkawang-aman-polisi-minta-video-sweeping-tak-disebar

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/379837792348762/

 

 

About Levy Nasution 278 Articles
Journalist, traveller