(DISINFORMASI) Nama Jalan Di Pulau Reklamasi

Sumber: Media Sosial

Narasi:

Sebuah postingan foto disertai narasi berikut:

Nama jalan di Pulau Reklamasi, seriuuuuus ya mau dijadikan bagian dari RRC nih negeri!

Wahai anak bangsa Indonesia masih diam dan membiarkan jugakah?

#SaveNkri

Penjelasan:

Foto nama Jalan Beijing tersebut diklaim sebagai nama jalan di Pulau Reklamasi, DKI Jakarta. Namun, nama jalan itu bukan berasal dari Pulau Reklamasi yang ada di Utara Jakarta. Nama jalan tersebut ada dugaan di projek smelter PT IIMP di Morowali, Sulawesi Tengah. Berikut kutipan beritanya:

[…]Selain mengibarkan bendera China RRC di Smelther PT Wanatiara Persada, Pulau Obi, Provinsi Maluku Utara,  pekerja asal Negeri Tirai Bambu itu juga memasng nama jalan dengan nama kota-kota di RRC.

Informasi yang didapat BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Minggu (27/11/2016), memperlihatkan foto-foto plang jalan dengan nama kota-kota di RRC Jalan Shanghai & jalan Beijing diduga di lokasi projek smelter PT IMIP di Morowali, Sulawesi Tengah.

Plang nama Jalan Shanghai dan Jalan Beijing tertera jelas. Di bawah nama dengan huruf Indonesia, ditulis huruf China.

Plang berwarna biru dan tulisan putih itu dipasang dengan tiang di mulut jalan. Di belakannya tampak gedung proyek.[…]

Dalam pemberitaan itu, telah ditelusuri bahwa foto nama Jalan Beijing bukan berada di Pulau Reklamasi, DKI Jakarta. Adapun, dugaan kuat plang nama jalan itu ada di Sulawesi Tengah. Jadi, klaim dari narasi tersebut tidak terbukti.

Dengan demikian, kabar tersebut termasuk berita disinformasi. Masuk kategori tersebut dikarenakan nama jalan itu ada namun tempatnya bukan di Pulau Reklamasi, DKI Jakarta.

Referensi:

http://beritatrans.com/2016/11/27/selain-kibarkan-bendera-rrc-pekerja-china-juga-pasang-plang-nama-jalan-beijing-shanghai-di-maluku-utara/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/379926292339912/