(HOAX) Hillary Clinton Menyatakan Ingin Belajar Pada Sri Mulyani dan Jokowi Pada Debat Calon Presiden Amerika

Sumber: Media Sosial Facebook

Narasi: Akun atas nama Ghanu Kisworo membagikan sebuah postingan gambar Hilary Clinton disertai narasi di grup Facebook Menuju Indonesia Negara Maju. Narasi dalam postingannya sebagai berikut:

[…]Breaking News

Dalam debat calon presiden Amerika siang tadi yang disiarkan oleh tv keseluruh dunia salah satu kandidat presiden Hilary Clinton ditanya oleh salah satu responden “Siapa yang menginspirasi anda untuk tampil sebagai pemimpin bangsa Amerika dan siapa orang hebat yang anda kagumi ?

Jawabnya sungguh2 mengejutkan dunia “Kalau Obama menjadi presiden hebat Amerika untuk 2 periode belajarnya di Indonesia kalau saya ingin menjadi presiden wanita pertama untuk bangsa Amerika sangat mengagumi dan terinspirasi oleh kehebatan srikandi Indonesia bu Sri Mulyani Indrawati dan pak Jokowi

Nah tuh…..dunia saja mengakui hebat kan ?

Gimana dengan kalian2 bangga nggak menjadi Indonesia ???[…]

Penjelasan:

Klaim akun Ghanu Kisworo memiliki kejanggalan yang sangat terlihat ketidakbenarannya. Sebab, dalam acara debat Calon Presiden Amerika Serikat membahas isu-isu strategis negara tersebut dan tidak mempertanyakan hal remeh seperti yang diklaim oleh Ghanu.

Adapun, debat tersebut disiarkan secara langsung dan dapat ditonton di media Youtube sehingga tidak tepat kiranya pertanyaan yang dilontarkan tidak terkait dengan isu-isu kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan Amerika Serikat. Selain itu, pertanyaan terkain isu luar negeri Amerika tidak hanya membahas hubungan Amerika Serikat dengan satu negara saja.

Secara langsung, dari redaksi tulisan Ghanu Kisworo pun sudah dapat banyak kejanggalan dan postingan akun tersebut kiranya termasuk ke dalam kabar hoax. Untuk lebih jelas terkait isu yang diangkat dalam debat Presiden Amerika Serikat dapat dilihat di bagian referensi.

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/358518657814009/

https://www.youtube.com/watch?v=855Am6ovK7s&app=desktop

https://www.youtube.com/watch?v=FRlI2SQ0Ueg&app=desktop