[KLARIFIKASI] Foto Jokowi Sedang di Berkati oleh Pendeta Max Ebe Ministri

Sumber : Media Sosial

Narasi :

 

Penjelasan & Fakta :

Dilansir dari akun Facebook Page milik sekoci hoaxes @sekoci.indo, Beberapa situs media online dan media sosial mengunggah foto Bapak Jokowi, Presiden RI saat ini, sedang diberkati. Foto itu diklaim berasal dari akun Facebook Leni Ebe, belum jelas tanggal berapa foto tersebut diunggah, dengan narasi:

Bapak Jokowi di berkati oleh Max Ebe Ministri……

Postingan ini kemudian dibagikan oleh netizen dengan tanggapan yang beragam. Ada juga netizen yang berasumsi bahwa foto tersebut telah diedit.

Beberapa situs online juga memberitakan hal ini pada tanggal 6 Oktober 2016 dan memberi judul yang senada:

Beredar Foto Seakan Jokowi Beragama ‘Kristen’ yang Sedang Diberkati Pendeta Max Ebe

https://web.archive.org/…/beredar-foto-seakan-jokowi-beraga…

https://web.archive.org/…/beredar-foto-seakan-jokowi-beraga…

https://web.archive.org/…/jokowi-sedang-diberkati-pendeta-m…

Pada artikel-artikel tersebut juga tidak ada data kapan foto tersebut diambil, hanya ada informasi bahwa foto tampaknya diambil di Balaikota Jakarta karena pada latar foto ada Bendera DKI Jakarta.

Team Sekoci mencari informasi mengenai keaslian foto dan dari akun Facebook Max Ebe Ministri, pendeta yang disebut memberkati Bapak Jokowi, diperoleh kejelasan bahwa foto tersebut asli.

Berikut klarifikasi dari Pendeta Max Ebe Ministri, dicopas sesuai aslinya:

Syalom buat kawan2ku di FB ku ( Foto saya waktu doakan Bpk Presiden kita ) saya jelaskan bahwa pertemuan kami dengan Bpk Presiden Kita, itu foto waktu dibalai kota DKI jakarta. .pada saat beliau sdh resmi memperoleh kemanagan sebagai Presiden ke 7 RI, sebagai rasa syukur kami datang dgn beberapa utusan gereja dan adat kami telat dihari pertama jadi ada kesempatan kedua besoknya baru kami ketemu bersama ketua relawan kemenagagan jokowi dipapua. Dlm pembucaraan itu juga untuk mempersiapkan utusan papua hadir dipelantikan di istanah. Sebagai rasa syukur kami kepada Tuhan. Kami harus mendoakan beliau sebagai Presiden Terpilih. Jadi bukan memberkati Bapak presiden jadi agama Kristen. Mohon tolong jangan sembarangan cepat untuk mengeluarkan komentar di FB kalau tidak tau agendanya . Tolong dihapus kalau kalian dapat dari yang lain. Hormati dan hargai Bapak PRESIDEN kita. Kami dipapua sangat menghargai Beliau. Tuhan yang pilih Tuhan juga Akan pakai Bapak Presiden RI untuk pemulihan Papua. Tuhan berkati kita semua.

Mengenai waktu yang tepat pengambilan foto akan kami informasikan jika kami telah mendapatkan datanya.

 

Referensi : https://www.facebook.com/sekoci.indo/posts/1024307471004754

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/352698248396050/

About Levy Nasution 316 Articles
Journalist, traveller