[HOAX] Menteri Energi Jepang Membungkuk Selama 20 Menit sebagai Bentuk Permintaan Maaf

SUMBER: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1038280746263310&id=803774136380640

NARASI:
HOAX LAGI…HOAX LAGI

Yang waras pasti ngerti mau ikut yang mana.. Hihihihihi.. mulai kelihatan siapa sebenarnya pemecah belah dan provokator nya kan.. Hahahaha..

Viral dibagi-ulangkan oleh facebookers Indonesia, foto dengan klaim caption

“MENTERI ENERGI JEPANG MEMBUNGKUK SELAMA 20 MENIT, SBGAI PERMINTAAN MAAF KPD RAKYAT KRN LISTRIK PADAM SLM 20 MNT pic.twitter.com/djvz1Xg2K9
00.43 – 2 Jul 2016“

Sungguh konyol karena mengundang para netizen yang kekurangan informasi untuk membagikan ulang dengan berbagai caption yang membandingkan dengan pemerintahan di Indonesia.

Contoh :

“Nemu status “aneh” di facebook :

“menteri energi jepang membungkuk selama 20 menit sebagai wujud permohonan maaf kepada rakyat jepang atas padamnya listrik selama 20 menit di sebagian wilayah negara tersebut”.

—-‘——””———

Hehehe… nggak kebayang, gimana pegal dan ngilunya boyok si menteri jepang tersebut, seandainya dia menjadi menteri transportasi di indonesia.. ???
Harus membungkuk selama 10 jam atas musibah macet brexit kemarin..”

“Kalo menteri kita melakukan hal ini, bisa2 dia membungkuk selama 24 jam.. hahaha..”

Dan tak jarang berujung hujatan / hatespeech terhadap pejabat tertentu.

PENJELASAN:
Sebenarnya siapakah pria yang di klaim sebagai Menteri Energi Jepang tersebut??
Ia adalah Takahiro Hachigo, Presiden dan CEO baru Honda Motor Co, yang menjadi pembicara dalam konferensi pers pertamanya pada tahun 2015 yang lalu.

http://www.alamy.com/stock-photo-tokyo-japan-6th-july-2015-…

“Tokyo, Japan. 6th July, 2015. Takahiro Hachigo, new president and chief executive officer of Honda Motor Co., holds the first news conference after taking the helm of Japans leading automaker at its Tokyo head office on Monday, July 6, 2015. Hachigo, who joined Honda in 1982, was in charge of developing the first-generation of U.S.-built Odyssey minivan, which was launched in 1999 primarily for the U.S. market. © Natsuki Sakai/AFLO/Alamy Live News“

Video :

Sebagai informasi tambahan, budaya meminta maaf secara formal biasa terjadi juga di Jepang, contohnya yang dilakukan oleh masinis kereta bila terjadi delay/keterlambatan walaupun hanya 5 menit.

https://www.scoopwhoop.com/japan-train-apology-delay-certif…

==============

IHB menghimbau para Netizen terutama di Indonesia untuk lebih #berinternetBijak #berinternetSehat #berinternetCerdas #beSmart #stophoax #stoppropaganda #stoppembodohanmassal dengan mengecek kebenaran suatu berita terlebih dahulu sebelum membagi-ulang kabar tersebut dan tidak asal bermodalkan ketidaksukaan pada satu pihak, agar tidak jadi bahan tertawaan orang lain dan demi menciptakan suasana medsos yang nyaman bagi semua kalangan.

https://m.facebook.com/story.php…

https://m.facebook.com/IndoHoaxBuster/posts/1148057411926400

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/311804272485448/